TY  - THES
N1  - Pembimbing :  Prof. Dr. Maragustam, M.A

ID  - digilib13635
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13635/
A1  - NUR KHAMIDAH , NIM. 10410144
Y1  - 2014/06/09/
N2  - NUR KHAMIDAH. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 9 Yogyakarta ditinjau dari teori belajar behavioristik. Skripsi. Yogyakarta:
Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN
Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran
PAI secara umum masih berkaitan erat dengan aspek kognitif dan selama ini
dominan sebagai alat evaluasi untuk menentukan angka ketuntasan. Sehingga
guru hanya menjelaskan pendidikan agama yang sifatnya teori saja namun kurang
memperhatikan pada penerapannya pada kehidupan sehari-hari peserta didik.
Persoalannya terletak pada masih kurangnya jangkauan pendidikan di sekolah
hingga mencapai ranah afektif dan psikomotorik. Dengan menekankan ranah
afektif dapat membimbing peserta didik dalam upaya penanaman iman dan takwa
serta pembiasaan akhlak mulia. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah
bagaimana pelaksanaan/implementasi pembelajaran PAI, hasil dari pelaksanaan
pembelajaran PAI dan kendala pelaksanaan pembelajaran PAI ditinjau dari teori
belajar behavioristik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan
menganalisis tentang pelaksanaan pembelajaran PAI ditinjau dari teori belajar
behavioristik di SMP Negeri 9 Yogyakarta serta hasil dari pelaksanaan tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif mengambil latar SMP Negeri
9 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi
(pengamatan), wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari
makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan
mengadakan triangulasi yaitu dengan pengecekan derajat kepercayaan penemuan
hasil penelitian beberapa teknik pengumpulan data dan pengecekan derajat
kepercayaan beberapa sumber data dengan metode yang sama.
Hasil penelitian menunjukan: (1) Pelaksanaan Pembelajaran PAI ditinjau
dari teori behavioristik di SMP Negeri 9 Yogyakarta yaitu : (a). Coonectionism :
peserta didik beragama Islam wajib memakai busana muslim, kegiatan salaman
pagi dengan guru dan karyawan, puasa sunnat senin-kamis, memberi salam ketika
memasuki ruangan, dan shalat dhuha. (b) classical conditioning : tadarus al-
Qur?an sebelum pelajaran dimulai, berdoa bersama sebelum pelajaran dimulai,
buka bersama disekolah, pesantren ramadhan, , peringatan hari besar Islam, shalat
dhuhur berjama?ah dan latihan qurban. (c) operant conditioning : infaq jum?at,
bakti sosial, bakti sosial khusus bulan ramadhan, menjadi amil zakat fitrah dan
shalat dua hari raya, berinisiatif menjadi orang pertama yang memberi
pertolongan bagi orang yang mengalami musibah, mengumpulkan/menyerahkan
zakat fitrah. (2) kendala yang dialami dalam pelaksanaan pembelajaran PAI yaitu
: Fasilitas yang kurang memadai dan mendukung untuk pembelajaran PAI, tidak
semua peserta didik berasal dari daerah selatan tenggara, ada peserta didik yang
berasal dari daerah utara, sehingga saling mempengaruhi.


PB  - UIN SUNAN KALIJAGA
M1  - skripsi
TI  - PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA
DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK


AV  - restricted
ER  -