@phdthesis{digilib13638, month = {June}, title = { DINAMIKA RELIGIUSITAS SISWA MUSLIM DISEKOLAH NON ISLAM (STUDI KASUS TIGA SISWA MUSLIM DI SMA SANTO THOMAS YOGYAKARTA) }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10410089 RIZKY SETIAWATI }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Drs. Nur Hamidi, MA }, keywords = {Kata Kunci: dinamika religiusitas, siswa muslim, sekolah non Islam }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13638/}, abstract = {RIZKY SETIAWATI. Dinamika Religiusitas Siswa Muslim di Sekolah Non Islam (Studi Kasus Tiga Siswa Muslim di SMA Santo Thomas Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika religiusitas para siswa muslim yang bersekolah di SMA Santo Thomas Yogyakarta apabila dikaitkan dengan lingkungan dan pendidikan agama yang pluralis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di SMA Santo Thomas Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan antropologi agama, digunakan untuk meneliti dinamika religiusitas siswa muslim secara mendalam sesuai dengan yang dipahami dan dialami oleh subjek penelitian yang bersangkutan.Tentu saja dinamika religiusitas yang terjadi pada setiap siswa juga dipengaruhi oleh banyak faktor. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif-analitis, artinya hasil analisis berupa pemaparan gambaran situasi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif. Analisa data dilakukan dengan menggunaka pola induktif, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika religiusitas siswa muslim di SMA Santo Thomas dilihat dari dimensi religious belief, religious practice, religious feeling, religious knowledge, religious effect serta community masih kurang baik. Pendidikan agama Islam yang pernah didapat maupun Pendidikan Religiusitas saat ini diperoleh belum begitu berpengaruh dalam kehidupan mereka. Tentu ini juga karena kurangnya motivasi dari dalam diri siswa serta kurangnya dukungan dari pihak atau lembaga luar sekolah dalam upaya peningkatan religiusitas siswa yang bersangkutan. } }