TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag ID - digilib13639 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13639/ A1 - SITI AFIFAH ADAWIYAH , NIM. 10410123 Y1 - 2014/06/09/ N2 - SITI AFIFAH ADAWIYAH. Internalisasi Nilai Kepemimpinan Menurut Konsep Pendidikan Agama Islam dalam Ekstrakurikuler Kepanduan Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah kecemasan terhadap figur pemimpin di Indonesia yang banyak tersandung masalah korupsi. Pembelajaran indoktrinisasi dogmatis dan normatif sudah tidak cocok lagi. Pembelajaran agama seharusnya disampaikan secara empirik problematik, sehingga secara aktif peserta didik dapat mengintegrasikan ajaran agama dengan problem-problem sosial yang dihadapinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler Kepanduan Hizbul Wathan dan untuk menjelaskan proses internalisasi nilai kepemimpinan Islam dalam Ekstrakurikuler Kepanduan Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Kepanduan Hizbul Wathan Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta berlangsung sesuai harapan baik dari Kwartir Pusat maupun harapan dari sekolah. Nilai kepemimpinan yang terkandung dalam kegiatan Ekstrakurikuler Kepanduan Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta adalah pertama, Musyawarah yang didalamnya terdapat sikap seperti mencintai kebenaran dan hanya takut pada Allah SWT; dapat dipercaya, bersedia dan mampu mempercayai oranglain; senang bergaul, ramah-tamah, suka menolong dan memberi petunjuk serta terbuka pada orang lain, kedua, Adil yang didalamnya terdapat sikap seperti bertanggungjawab dalam mengambil keputusan dan konsekuen, berdisiplin serta bijaksana dalam melaksanakannya; aktif memelihara jasmani dan rohani, dan ketiga, yaitu Kebebasan Berpikir yang didalamnya terdapat sikap seperti memiliki kemampuan dalam bidangnya dan berpandangan luas didasari kecerdasan yang memadai; memiliki semangat maju, semangat pengabdian dan kesetiakawanan, serta kreatif dan inisiatif. Proses internalisasi kepemimpinan menurut Pendidikan Agama Islam dalam kegiatan Ekstrakurikuler Kepanduan Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta melalui tiga tahapan, yaitu pertama transfomasi nilai dimana peserta didik menerima pengetahuan nilai kepemimpinan dari pelatih dan pembina, kedua transaksi nilai dimana peserta didik dan pembina atau pelatih terjalin hubungan saling menguntungkan yaitu dengan cocoknya metode yang digunakan pembina atau pelatih sehingga peserta didik mampu memahami nilai kepemimpinan tersebut, dan ketiga adalah tahap transinternalisasi dimana perilaku peserta didik akan berubah setelah menerima dan mencontoh kepribadian pembina atau pelatih. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci : Internalisasi Nilai KW - Nilai Kepemimpinan KW - Hizbul Wathan. M1 - skripsi TI - INTERNALISASI NILAI KEPEMIMPINAN ISLAM DALAM EKSTRAKURIKULER KEPANDUAN HIZBUL WATHAN DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA AV - restricted ER -