@phdthesis{digilib13640, month = {June}, title = {PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR?AN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA) }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09410261 SITI NUR KHOMSAH }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Usman, SS.,M.Ag. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13640/}, abstract = {SITI NUR KHOMSAH. Pendidikan Karakter Kejujuran dalam Al-Qur?an dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam (Studi Analisis Tafsir Al-Azhar Karya Prof. Dr. Hamka). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang penelitian ini berangkat dari keprihatinan penulis tentang akhlak generasi muda di era globalisasi seperti pada saat ini, semakin melemahnya sikap jujur yang dimiliki generasi muda dimana negara kita sangat membutuhkan generasi muda yang berkompetensi tinggi dan berbudi pekerti luhur. Dari hal yang paling kecil untuk menciptakan generasi muda yang berkompetensi tinggi yaitu dengan melatih kejujuran kepada siswa. Karena banyak sekali siswa yang kurang memperhatikan kejujuran terutama dalam bidang pendidikan. Dalam kenyataannya penanaman karakter kejujuran tidak dapat dilakukan secara instan, penanaman karakter kejujuran harus dilakukan sejak dini dan diterapkan dengan berbagai metode yang bisa memberikan nilai afeksi pada peserta didik. Permasalahan yang dimunculkan dalam penelitian ini antara lain: Bagaimana konsep pendidikan karakter kejujuran yang terkandung dalam tafsir al- Azhar karya Hamka? dan Bagaimana relevansi konsep pendidikan karakter kejujuran Hamka terhadap Pendidikan Islam?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kritis tentang konsep pendidikan karakter kejujuran yang terkandung dalam tafsir al-Azhar karya Hamka; dan mengetahui relevansi konsep pendidikan karakter kejujuran Hamka dalam tafsir al-Azhar terhadap Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif analisis. Dengan menggunakan pendekatan psikologi pendidikan diharapkan penelitian ini dapat dipaparkan dengan jelas dan mendalam. Sumber data yang digunakan diambil dari karya-karya tokoh yang bersangkutan, dan pendapat para pakar ahli dalam hal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter kejujuran yang terkandung dalam tafsir al-Azhar karya Prof. Dr. Hamka menghasilkan beberapa ruang lingkup dari jujur atau benar diantaranya, Benar Perkataan (Sidq al-Had{\=i}s), Benar Pergaulan (Sidq al-mu?{\=a}malah), Benar Kemauan (Sidq al-?az{\=a}m), Benar Janji ( Sidq al-wa?du) dan Benar Kenyataan (Sidq al-h{\=a}l). Penanaman nilai-nilai kejujuran melalui pendidikan dilakukan dengan proses Knowing the good (moral knowing), artinya anak mengerti baik dan buruk, mengerti tindakan yang perlu diambil dan mampu memberikan prioritas hal-hal yang baik , Feeling the good (moral feeling), artinya anak memiliki kecintaan terhadap kebajikan dan membenci perbuatan buruk. Konsep ini mencoba membangkitkan rasa cinta anak untuk melakukan perbuatan baik. Pada tahap ini, anak dilatih untuk merasakan efek dari perbuatan baik yang dilakukannya dan acting the good (moral action), artinya anak ini mampu melakukan kebajikan dan terbiasa melakukannya. Pada tahap ini anak dilatih untuk melakukan perbuatan baik, sebab tanpa melakukan sesuatu yang sudah diketahui atau dirasakan tidak akan ada artinya. Adapun konsep pendidikan karakter kejujuran Hamka ini masih relevan bila diterapkan dalam pendidikan Islam saat ini karena dalam setiap komponen atau unsur-unsur yang ada dalam pendidikan Islam tersebut terkandung proses internalisasi karakter kejujuran bila diterapkan dengan semestinya. } }