<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n"^^ . "SITI NUR KHOMSAH. Pendidikan Karakter Kejujuran dalam Al-Qur’an\r\ndan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam (Studi Analisis Tafsir Al-Azhar\r\nKarya Prof. Dr. Hamka). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam\r\nFakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014.\r\nLatar belakang penelitian ini berangkat dari keprihatinan penulis tentang\r\nakhlak generasi muda di era globalisasi seperti pada saat ini, semakin\r\nmelemahnya sikap jujur yang dimiliki generasi muda dimana negara kita sangat\r\nmembutuhkan generasi muda yang berkompetensi tinggi dan berbudi pekerti\r\nluhur. Dari hal yang paling kecil untuk menciptakan generasi muda yang\r\nberkompetensi tinggi yaitu dengan melatih kejujuran kepada siswa. Karena\r\nbanyak sekali siswa yang kurang memperhatikan kejujuran terutama dalam bidang\r\npendidikan. Dalam kenyataannya penanaman karakter kejujuran tidak dapat\r\ndilakukan secara instan, penanaman karakter kejujuran harus dilakukan sejak dini\r\ndan diterapkan dengan berbagai metode yang bisa memberikan nilai afeksi pada\r\npeserta didik. Permasalahan yang dimunculkan dalam penelitian ini antara lain:\r\nBagaimana konsep pendidikan karakter kejujuran yang terkandung dalam tafsir al-\r\nAzhar karya Hamka? dan Bagaimana relevansi konsep pendidikan karakter\r\nkejujuran Hamka terhadap Pendidikan Islam?. Penelitian ini bertujuan untuk\r\nmenganalisis secara kritis tentang konsep pendidikan karakter kejujuran yang\r\nterkandung dalam tafsir al-Azhar karya Hamka; dan mengetahui relevansi konsep\r\npendidikan karakter kejujuran Hamka dalam tafsir al-Azhar terhadap Pendidikan\r\nIslam.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang\r\nbersifat deskriptif analisis. Dengan menggunakan pendekatan psikologi\r\npendidikan diharapkan penelitian ini dapat dipaparkan dengan jelas dan\r\nmendalam. Sumber data yang digunakan diambil dari karya-karya tokoh yang\r\nbersangkutan, dan pendapat para pakar ahli dalam hal tersebut.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter\r\nkejujuran yang terkandung dalam tafsir al-Azhar karya Prof. Dr. Hamka\r\nmenghasilkan beberapa ruang lingkup dari jujur atau benar diantaranya, Benar\r\nPerkataan (Sidq al-Hadīs), Benar Pergaulan (Sidq al-mu’āmalah), Benar Kemauan\r\n(Sidq al-‘azām), Benar Janji ( Sidq al-wa’du) dan Benar Kenyataan (Sidq al-hāl).\r\nPenanaman nilai-nilai kejujuran melalui pendidikan dilakukan dengan proses\r\nKnowing the good (moral knowing), artinya anak mengerti baik dan buruk, mengerti\r\ntindakan yang perlu diambil dan mampu memberikan prioritas hal-hal yang baik , Feeling\r\nthe good (moral feeling), artinya anak memiliki kecintaan terhadap kebajikan dan\r\nmembenci perbuatan buruk. Konsep ini mencoba membangkitkan rasa cinta anak untuk\r\nmelakukan perbuatan baik. Pada tahap ini, anak dilatih untuk merasakan efek dari\r\nperbuatan baik yang dilakukannya dan acting the good (moral action), artinya anak ini\r\nmampu melakukan kebajikan dan terbiasa melakukannya. Pada tahap ini anak dilatih\r\nuntuk melakukan perbuatan baik, sebab tanpa melakukan sesuatu yang sudah diketahui\r\natau dirasakan tidak akan ada artinya. Adapun konsep pendidikan karakter kejujuran\r\nHamka ini masih relevan bila diterapkan dalam pendidikan Islam saat ini karena\r\ndalam setiap komponen atau unsur-unsur yang ada dalam pendidikan Islam\r\ntersebut terkandung proses internalisasi karakter kejujuran bila diterapkan dengan\r\nsemestinya.\r\n\r\n"^^ . "2014-06-09" . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09410261"^^ . "SITI NUR KHOMSAH "^^ . "NIM. 09410261 SITI NUR KHOMSAH "^^ . . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #13640 \n\nPENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM AL-QUR’AN \nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM \n(STUDI ANALISIS TAFSIR AL-AZHAR KARYA PROF. DR. HAMKA) \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .