eprintid: 13643 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/36/43 datestamp: 2014-07-16 02:51:24 lastmod: 2014-07-16 02:51:24 status_changed: 2014-07-16 02:51:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: YOGI PRAMESTI UTOMO , NIM. 10410068 title: NILAI-NILAI KEJUJURAN DAN OPTIMISME DALAM BUKU HABIBIE & AINUN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing : H. Suwadi, M.Ag, M.Pd abstract: YOGI PRAMESTI UTOMO. Nilai-Nilai Kejujuran dan Optimisme dalam Buku Habibie & Ainun serta Relevansinya terhadap Kompetensi Kepribadian Guru PAI. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kondisi masyarakat yang mulai kehilangan kejujuran dan optimisme. Seharusnya pendidikan dapat memberikan solusi dari permasalahan ini. Namun dari pihak yang terlibat langsung dalam dunia pendidikan malah menunjukan perilaku ketidakjujuran dan pesimisme. Kenyataan ini menunjukan guru tidak memiliki kompetensi kepribadian, dan kompetensi kepribadian mereka harus dibenahi dan ditingkatkan salah satu caranya dengan membaca literatur yang dapat ditauladani. Beberapa waktu ini muncul buku Habibie & Ainun yang dinilai banyak pihak banyak mengandung nilai kehidupan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang relevansi nilai-nilai kejujuran dan optimisme dalam buku Habibie & Ainun dengan kompetensi kepribadian guru PAI. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah: seperti apa nilai kejujuran dan optimisme dalam buku Habibie & Ainun, dan bagaimana relevansinya terhadap kompetensi kepribadian guru PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai kejujuran dan optimisme dlam buku Habibie dan Ainun dan relevansi terhaap kompetensi kepribadian guru PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian ini mengambil latar buku Habibie dan Ainun. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dari berbagai literatur dan rekaman video. Analisis ini dilakukan dengan memberikan makna terhadap data-data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: 1) Nilai-nilai kejujuran yang terkandung dalam buku ini adalah jujur dalam berbicara dan jujur dalam ber’azam, sedangkan nilainilai optimisme yang terdapat dalam buku ini meliputi pengharapan yang tinggi, tidak mudah putus asa, mampu memotivasi diri, percaya diri, dan tidak bersikap pasrah terhadap kondisi yang dialami. 2) Terdaptnya Relevansi nilai-nilai kejujuran dan optimisme dalam buku Habibie dan Ainun dengan kompetensi guru PAI. Ditunjukanya dengan tindakan-tindakan harus sesuai dengan norma agama, hukum, sosial maupun budaya Indonesia. Menampilakan diri sebagai pribadi yang jujur dan berakhlak mulia dan teladan bagi masyarakat. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, arif, stabil, dewasa, dan berwibawa. Menunjukan adanya rasa percaya diri memiliki etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi. Menjunjung tinggi kode etik profesi. Adapun perilaku guru yang mencerminkan kejujuran seperti mengatakan apa adanya, keterbukaan, menwujudkan tekadnya membentuk akhlak mulia peserta didik, bersikap obyektif kepada siapapun. Sedangkan bentuk perilaku optimisme guru adalah bekerja keras untuk mencerdaskan peserta didiknya, percaya diri terhadap dirinya sendiri dan peserta didiknya, dan selalu berusaha untuk mengembangkan kompetensinya. date: 2014-06-09 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: YOGI PRAMESTI UTOMO , NIM. 10410068 (2014) NILAI-NILAI KEJUJURAN DAN OPTIMISME DALAM BUKU HABIBIE & AINUN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13643/22/small.jpg