@phdthesis{digilib13644, month = {June}, title = {STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN DALAM KELUARGA MENURUT ZAKIAH DARADJAT DAN KI HADJAR DEWANTARA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08470011 ZAMRONI MAHDY }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Drs. H. Mangun Budiyanto,M.S.I }, keywords = {Kata kunci : Keluarga Pendidikan Komparasi }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13644/}, abstract = {Zamroni Mahdy. Studi Komparasi Konsep Pendidikan Dalam Keluarga Menurut Zakiah Daradjat Dan Ki Hadjar Dewantara. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2014. Keluarga merupakan pendidikan pertama dan utama bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika suasana dalam keluarga itu baik dan menyenangkan maka anak akan tumbuh dengan baik pula. Orang tua memiliki kewajiban untuk memenuhi hak pendidikan atas anaknya. Dengan pendidikan, anak akan dapat mengembangkan potensi-potensi dan bakat yang ada pada dirinya. Sehingga ia akan menjadi generasi-generasi yang kuat. Seorang anak merupakan generasi penerus dari generasi sebelumnya. Penelitian ini adalah penelitian Library Research, yaitu penelitian kepustakaan, yang menggunakan sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi berupa catatan, buku, arsip,naskah dan artikel yang berkaitan dengan pendidikan keluarga. Analisa data berupa metode deskriptif, maka teknik yang digunakan berupa teknik analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komperasi Pemikiran Pendidikan Keluarga menurut Zakiah Daradjat Dan Ki Hadjar Dewantara. Hasil penelitian memaparkan adanya kesamaan dan pebedaan antara pemikiran Zakiah Daradjat dan Ki Hadjar Dewantara. Persamaan dari kedunya adalah dari aspek tujuan pendidikan dan hakekat pendidikan dalam keluarga perbedaan dari keduanya adalah dari konsep pendidikan dalam keluarga. Pebedan dari pemikiran keduanya adalah dari konsep pendidikan dalam keluarga Dengan ciri khasnya yaitu konsep pendidikan Zakiah Daradjat memasukkan aspek nilai Agama dalam konsep pendidikan keluarga. Sedangkan konsep pendidikan keluarga Ki Hadjar Dewantara lebih banyak memasukan unsur teori psikologis dalam pendidikan keluarga. } }