<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM Q.S ALI IMRAN\r\nAYAT 159 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN\r\nAGAMA ISLAM\r\n(STUDI TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA)\r\n\r\n"^^ . "ANDRI FAIZAL AKHMAD. Konsep Nilai-nilai Demokrasi dalam QS Ali\r\nImran ayat 159 dan implementasinya dalam Pendidikan Agama Islam. Skripsi.\r\nYogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan\r\nKeguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini melihat realita\r\npendidikan sampai saat ini hanya digunakan sebagai alat mentrasfer ilmu saja\r\nyang mana peserta didik tidak diberikan kesempatan untuk berargumen. Yang\r\nmenjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana konsep nilai-nilai\r\ndemokrasi dalam surat ali imran ayat 159 dan bagaimana implementasinya dalam\r\nPendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep\r\nNilai-nilai Demokrasi dalam Q.S Ali imran ayat 159 tafsir al-Azhar dan untuk\r\nmengetahui bagaimana implementasinya dalam Pendidikan Agama Islam.\r\nPenelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan yang bersifat\r\nkualitatif deskriptif. Objek material dalam penelitian ini adalah Nilai-nilai\r\nDemokrasi dalam QS Ali Imran ayat 159 Tafsir Al-Azhar karya Hamka. Metode\r\ndalam penelitian ini adalah hermeneutika, untuk menangkap makna yang\r\nsubstansial disertai interpretasi dari nilai-nilai demokrasi yang terkandung dalam\r\nsurat Ali Imran ayat 159 . Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi\r\ndengan sumber primer Tafsir al-Azhar karya Hamka. Analisis data dilakukan\r\ndengan content analysis sehingga dapat ditemukan implementasi dari nilai-nilai\r\ndemokrasi dalam surat Ali Imran ayat 159 terhadap Pendidikan Agama Islam.\r\nHasil dalam penelitian ini adalah pertama, adanya konsep nilai-nilai\r\ndemokrasi dalam QS Ali Imran ayat 159 menurut tafsir al-azhar karya Hamka\r\nyang termanifestasikan dalam perintah bermusyawarah dalam kehidupan,\r\nkhususnya dalam hal hubungan manusia (human relation). Wujud dari\r\nmusyawarah yang dicontohkan oleh Nabi adalah dengan berdialog bersama dalam\r\nmemutuskan sebuah permasalahan. Selain perintah bermusyawarah, ayat tersebut\r\njuga mengandung nilai lemah lembut dalam bertutur kata, pemaaf, dan perintah\r\nuntuk bertawakal kepada Allah. Konsepsi musyawarah dalam islam harus\r\ndilandasi dengan nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai transendental\r\n(ketuhanan). Kedua, implementasinya dalam Pendidikan Agama Islam mencakup\r\nfungsi dan tugas pendidik untuk bersikap terbuka dan mengedepankan sikap\r\ndialogis dalam proses pembelajaran. Di samping itu, pendidikan agama Islam\r\ndidesain dengan memberikan ruang bagi individu untuk mengenal pengetahuan\r\ndan mengembangkan kemampuan dan potensi agar tercipta manusia yang fitrah\r\ndan sesuai dengan potensinya. Sehingga pendidik dalam PAI harus mengajarkan\r\nbagaimana peserta didik tidak hanya cakap dalam berpengetahuan, melainkan\r\njuga cakap dalam ikut berpartisipasi dalam kegiatan proses pembelajaran.\r\n\r\n"^^ . "2014-06-16" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09410110"^^ . "ANDRI FAIZAL AKHMAD "^^ . "NIM. 09410110 ANDRI FAIZAL AKHMAD "^^ . . . . . . "KONSEP NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM Q.S ALI IMRAN\r\nAYAT 159 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN\r\nAGAMA ISLAM\r\n(STUDI TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA)\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM Q.S ALI IMRAN\r\nAYAT 159 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN\r\nAGAMA ISLAM\r\n(STUDI TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA)\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "KONSEP NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM Q.S ALI IMRAN\r\nAYAT 159 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN\r\nAGAMA ISLAM\r\n(STUDI TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM Q.S ALI IMRAN\r\nAYAT 159 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN\r\nAGAMA ISLAM\r\n(STUDI TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM Q.S ALI IMRAN\r\nAYAT 159 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN\r\nAGAMA ISLAM\r\n(STUDI TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM Q.S ALI IMRAN\r\nAYAT 159 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN\r\nAGAMA ISLAM\r\n(STUDI TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KONSEP NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM Q.S ALI IMRAN\r\nAYAT 159 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN\r\nAGAMA ISLAM\r\n(STUDI TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM Q.S ALI IMRAN\r\nAYAT 159 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN\r\nAGAMA ISLAM\r\n(STUDI TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM Q.S ALI IMRAN\r\nAYAT 159 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN\r\nAGAMA ISLAM\r\n(STUDI TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM Q.S ALI IMRAN\r\nAYAT 159 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN\r\nAGAMA ISLAM\r\n(STUDI TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA)\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #13648 \n\nKONSEP NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM Q.S ALI IMRAN \nAYAT 159 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN \nAGAMA ISLAM \n(STUDI TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA) \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .