%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD IKHSAN GHOFUR, NIM. 10411077 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:13657 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MASYARAKAT DI SEKOLAH DASAR SANGGAR ANAK ALAM NITIPRAYAN BANTUL (STUDI MATERI, STRATEGI/METODE DAN PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/ %X MUHAMMAD IKHSAN GHOFUR. Pendidikan Agama Islam Berbasis Masyarakat di SD Sanggar Anak Alam Nitiprayan Bantul (Studi Materi, Strategi/Metode, dan Partisipasi Orang Tua dalam Proses Pembelajaran). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa sekolah formal pada umumnya lebih mengedepankan aspek kognitif dan psikomotorik daripada aspek afektif, dimana esensi Pendidikan Agama Islam adalah mendidik peserta didik untuk berperilaku sesuai dengan nilai – nilai atau akhlak Islam. Kurangnya partisipasi masyarakat (orang tua) dalam proses pembelajaran di sekolah formal. Di SD Sanggar Anak Alam, orang tua memiliki partisipasi yang sangat penting dalam pendidikannya. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana materi, strategi, dan metode PAI di SD SALAM, dan bagaimana partisipasi orang tua dalam proses pembelajaran di SD SALAM. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang materi, strategi dan metode PAI serta partisipasi orang tua dalam proses pembelajaran di SD SALAM. Penelitian ini menggunakan penelitian kuakitatif, dengan mengambil latar SD Sanggar Anak Alam Nitiprayan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan deskripsi mengenai subjek penelitian berdasarkan data dari varabel yang diperoleh dari kelompok subjek yang diteliti dan tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Materi yang diajarakan di SD SALAM adalah hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan diri sendiri, manusia dengan sesama manusia, manusia dengan makhluk lain dan lingkungan, al qur‟an hadis, akhlak, keimanan, dan ibadah. Strategi pembelajarannya adalah strategi pembelajaran tidak langsung, pembelajaran interaktif, dan belajar melalui pengalaman. Metodenya adalah metode diskusi, kerja kelompok, ekspositori, tanya jawab, latihan, inkuiri, tugas, simulasi, demonstrasi, karyawisata, dan teguran langsung. (2) Partisipasi orang tua di SD SALAM adalah partisipasi dalam pengambilan keputusan, partisipasi dalam pelaksanaan, partisipasi dalam pengambilan manfaat, dan partisipasi dalam evaluasi. Partisipasi terhadap pembelajaran yaitu partisipasi langsung dan tidak langsung %Z Pembimbing : Drs. Nur Hamidi, M. A