eprintid: 13657
rev_number: 9
eprint_status: archive
userid: 71
dir: disk0/00/01/36/57
datestamp: 2014-07-18 01:38:26
lastmod: 2014-07-18 01:38:26
status_changed: 2014-07-18 01:38:26
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: MUHAMMAD IKHSAN GHOFUR,  NIM. 10411077
title: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MASYARAKAT
DI SEKOLAH DASAR SANGGAR ANAK ALAM NITIPRAYAN BANTUL
(STUDI MATERI, STRATEGI/METODE DAN PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN)


ispublished: pub
subjects: P
divisions: jur_pai
full_text_status: restricted
note: Pembimbing :  Drs. Nur Hamidi, M. A

abstract: MUHAMMAD IKHSAN GHOFUR. Pendidikan Agama Islam Berbasis
Masyarakat di SD Sanggar Anak Alam Nitiprayan Bantul (Studi Materi,
Strategi/Metode, dan Partisipasi Orang Tua dalam Proses Pembelajaran). Skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa
sekolah formal pada umumnya lebih mengedepankan aspek kognitif dan
psikomotorik daripada aspek afektif, dimana esensi Pendidikan Agama Islam
adalah mendidik peserta didik untuk berperilaku sesuai dengan nilai – nilai atau
akhlak Islam. Kurangnya partisipasi masyarakat (orang tua) dalam proses
pembelajaran di sekolah formal. Di SD Sanggar Anak Alam, orang tua memiliki
partisipasi yang sangat penting dalam pendidikannya. Permasalahan penelitian ini
adalah bagaimana materi, strategi, dan metode PAI di SD SALAM, dan
bagaimana partisipasi orang tua dalam proses pembelajaran di SD SALAM.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang materi, strategi dan metode PAI
serta partisipasi orang tua dalam proses pembelajaran di SD SALAM.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuakitatif, dengan mengambil latar
SD Sanggar Anak Alam Nitiprayan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan memberikan deskripsi mengenai subjek penelitian berdasarkan
data dari varabel yang diperoleh dari kelompok subjek yang diteliti dan tidak
dimaksudkan untuk menguji hipotesis. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan
dengan mengadakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Materi yang diajarakan di SD SALAM
adalah hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan diri sendiri, manusia
dengan sesama manusia, manusia dengan makhluk lain dan lingkungan, al qur‟an
hadis, akhlak, keimanan, dan ibadah. Strategi pembelajarannya adalah strategi
pembelajaran tidak langsung, pembelajaran interaktif, dan belajar melalui
pengalaman. Metodenya adalah metode diskusi, kerja kelompok, ekspositori,
tanya jawab, latihan, inkuiri, tugas, simulasi, demonstrasi, karyawisata, dan
teguran langsung. (2) Partisipasi orang tua di SD SALAM adalah partisipasi
dalam pengambilan keputusan, partisipasi dalam pelaksanaan, partisipasi dalam
pengambilan manfaat, dan partisipasi dalam evaluasi. Partisipasi terhadap
pembelajaran yaitu partisipasi langsung dan tidak langsung


date: 2014-06-20
date_type: published
institution: UIN SUNAN KALIJAGA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
citation:   MUHAMMAD IKHSAN GHOFUR, NIM. 10411077  (2014) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MASYARAKAT DI SEKOLAH DASAR SANGGAR ANAK ALAM NITIPRAYAN BANTUL (STUDI MATERI, STRATEGI/METODE DAN PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN).  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/2/BAB%20II%2C%20III.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/3/lightbox.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/4/preview.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/5/medium.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/6/small.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/7/lightbox.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/8/preview.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/9/medium.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/10/small.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/15/lightbox.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/16/preview.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/17/medium.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/18/small.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/19/lightbox.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/20/preview.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/21/medium.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13657/22/small.jpg