%0 Thesis %9 Skripsi %A PENDI HERMAWAN , NIM. 10410108 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:13659 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI TERHADAP PRESTASI BELAJAR RANAH AFEKTIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13659/ %X Pendi Hermawan, “Pengaruh Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti terhadap Prestasi Belajar Ranah Afektif Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Yogyakartaa”. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII SMP Negeri 5 Yogyakarta, untuk mengetahui prestasi belajar ranah afektif siswa kelas VII SMP Negeri 5 Yogyakarta, untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti terhadap prestasi belajar ranah afektif siswa kelas VII SMP Negeri 5 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif design survey korelasional. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian psikologi. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Kesimpulannya adalah 1) Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berada pada kategori sedang.Adapunnilai penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti sebesar 83% dari yang diharapkan.2) Prestasi belajar ranah afektif siswa kelas VII SMP Negeri 5 Yogyakarta berada pada kategori sedang. Adapun nilai Prestasi belajar ranah afektif siswa kelas VII SMP Negeri 5 Yogyakarta sebesar 84% dari yang diharapkan. 3) Dari hasil penelitian, penulis menemukan bahwa terdapat pengaruh antara variabel pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti terhadap prestasi belajar ranah afektif siswa kelas VII SMP Negeri 5 Yogyakarta. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil uji korelasi product moment, oleh karena nilai rhitung (0,629) > rtabel (0,339), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan Prestasi belajar ranah afektif siswa kelas VII SMP Negeri 5 Yogyakarta. Penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaranPAI dan Budi Pekerti mempengaruhi prestasi belajar ranah afektif siswa sebesar 22,6%, sedangkan sisanya yaitu 77,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar dari penelitian. Adapun pengaruh pendekatan saintifik terhadap ranah afeksi siswa antara lain : 1. Siswa lebih fokus pada materi pelajaran. 2. Siswa lebih aktif dan kritis. 3. Menanamkan sikap ilmiah p %Z Pembimbing : Drs.Radino, M.Ag