%0 Thesis %9 Skripsi %A RENI SINTAWATI , NIM. 10411086 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:13660 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13660/ %X RENI SINTAWATI. Implementasi Pendekatan Saintifik Model Discovery Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitan ini adalah berawal untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam pembelajaran PAI karena pembelajaran pada hakikatnya terkait interaksi antara guru dan peserta didik. Interaksi yang baik dapat digambarkan dengan adanya suatu keadaan dimana guru dapat membuat peserta didik dengan mudah, menyenangkan dan bermakna. Dalam kenyaataannya guru menjelaskan materi PAI sebatas kira-kira, khayalan dan dongeng tanpa menunjukan fakta-fakta yang ada, selain itu guru yang dominan dalam pembelajaran dan peserta didik hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Pembelajaran merupakan proses ilmiah, karena itu peserta didik dapat dengan aktif menemukan (discovery) suatu konsep atau prinsip pelajaran, sehingga proses pembelajaran akan berpindah dari guru yang mendominasi pembelajaran menjadi peserta didik yang aktif. Yang menjadi masalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan saitifik model discovery learning, bagaimana hasil penerapan pendekatan saitifik model discovery learning, dan apa kelebihan serta kelemahan penerapan pendekatan saitifik model discovery learning dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang implementasi penerapan pendekatan saitifik model discovery learnin dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menganalisa bagaimana proses pembelajaran pendekatan saintifik model discovery learning di SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisi datadata dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Penerapan pendekatan saintifik model discovery learning dalam pembelajaran PAI menunjukan bahwa guru melaksanan proses pembelajran melalui langkah-langkah pembelaran pendekatan saintifik model discovery learnig dengan mengamati melalui problem statement, menanya melalui stimulasi, mengumpulkan data melalui data colection, mengasosiasi melalui data prosessing dan generalisasi serta mengkomunikasikan melalui verification, dengan memperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran meskipun tidak maksimal. 2) Hasil Penerapan pendekatan saintifik model discovery learning dalam pembelajaran PAI dapat membuat peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran PAI, rasa ingin tahunya berkembang, aktif, berpusat pada peserta didik, dan dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi. 3) Kelebihan dan kelemahan pendekatan saintifik model discovery learnig pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Jetis Bantul yaitu ada pada sumber belajar, metode dan strategi pembelajaran, media pembelajaran, potensi peserta didik yang berbeda-beda, pengelolaan kelas, dan peserta didik aktif atau berpusat pada peserta didik. %Z Pembimbing : H. Suwadi, M. Ag.,M. Pd