eprintid: 13662 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/36/62 datestamp: 2014-07-18 01:47:56 lastmod: 2017-03-01 03:02:11 status_changed: 2014-07-18 01:47:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SUMARTIJAH , NIM. 12485216 title: STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV MI MA`ARIF KENALAN BOROBUDUR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted note: Pembimbing : Drs.Nur Munajat, M. Si. abstract: Sumartijah, “ Strategi Pembelajaran Index card match untuk meningkatka Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan pada Siswa Kelas IV MI Ma`Arif Kenalan Kec. Borobudur, Kab. Magelang Tahun 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rata-ratnya belum mencapai KKM yang ditentukan di sekolah yaitu 6,00 untuk mata pelajaran IPA selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk Mengetahui Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan pada Siswa Kelas IV MI Ma`arif Kenalan Borobudur Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dilaksanakan di MI Ma`arif Kenalan Borobudur Magelang pada bulan Februari sampai April 2014, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 12 anak, teknik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, dokumentas, dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan cara membandingkan antara pra tindakan, sikus I, dan siklus II. Indikator penelitian ini adalah peserta didik mempunyai minat belajar yang tinggi sehingga hasil belajarnya baik dalam pelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Pembelajaran Index Card Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan pada Siswa Kelas IV MI Ma`arif Kenalan Borobudur Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. (1) penggunaan Strategi Pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran IPA khususnya materi perubahan lingkungan dilakukan dengan memasangkan dua buah kartu yang yang terdiri dari kartu soal dan jawaban. Dengan strategi ini siswa dilibatkan secara langsung agar materi yang diterima lebih berkesan. Dimana guru mengacak kartu yang terdiri dari kartu soal dan jawaban kemudian dibagikan kepada siswa dalam kelompok kemudian selanjutnya siswa mencari pasangan antara soal dan jawaban daam kartu tersebut dan mempersentasikan dihadapan kawan-kawan. (2) hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai pelajaran IPA dimana sebelum siklus I nilai rata-ratnya 52,00. Kemudian disiklus I rata-ratnya 71,67 dan pada sikus II niai rata-ratnya 83,25. Dari hasil perbandingan dan nilai rata-rata siklus I dan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan Starategi Pembelajaran Index Card Match yaitu sebesar 31,25% yaitu dari nilai pre-test 52,00 dan nilai siklus II 83,25. date: 2014-06-16 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SUMARTIJAH , NIM. 12485216 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV MI MA`ARIF KENALAN BOROBUDUR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13662/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13662/2/BAB%20II%2C%20III%20.pdf