%0 Thesis %9 Skripsi %A SUTIYEM, NIM. 12485366 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:13663 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci : Metode ‘Asyarah, huruf hijaiyah %T UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE ‘ASYARAH PADA KELAS DUA SEKOLAH DASAR NEGERI KOROULON 1 BIMOMARTANI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13663/ %X SUTIYEM. Upaya Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode ‘Asyarah Kelas II SD N Koroulon 1 Bimomartani, Ngemplak, Sleman. Skripsi Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kemampuan peserta didik dalam membaca huruf hijaiyah melalui Metode ‘Asyarah Kelas II SD N Koroulon 1 Bimomartani, Ngemplak, Sleman masih kurang. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah apakah penerapan Metode ‘Asyarah dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca huruf hijaiyah melalui Metode ‘Asyarah kelas II SD N Koroulon 1 Bimomartani, Ngemplak, Sleman. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan mendeskripsikan penerapan Metode ‘Asyarah dalam rangka meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca huruf hijaiyah kelas dua setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan mengambil latar SD N Koroulon I, Bimomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan tes untuk melengkapi data yang ingin diungkapkan. Rata-rata nilai tes bacaan huruf hijaiyah peserta didik kelas II SD N Koroulon I Bimomartani sebelum adanya tindakan adalah 62,5. Sedangkan rata nilai peserta didik didik kelas II SDN Koroulon I Bimomartani siklus I rata-rata 78,038 dan siklus II rata-rata 77,743, jadi rata-rata siklus I dan siklus II adalah 77,89. Berdasarkan nilai tersebut terjadi peningkatan sebanyak 15,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode ‘Asyarah dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca huruf hijaiyah pada peserta didik kelas II SD Negeri Koroulon I. Disamping keaktifan peserta didik juga nilai tes bacaan huruf hijaiyah peserta didik mencapai KKM. %Z Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd