relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/ title: STRATEGI ACTIVE DEBAT SEBAGAI UPAYA GURU FIQIH MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII E MTsN KARANGMOJO GUNUNGKIDUL creator: WATI ENDANG JUMARNI , NIM. 10411059 subject: Pendidikan Agama Islam description: WATI ENDANG JUMARNI. Strategi Active Debat Sebagai Upaya Guru Fiqih Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII E MTsN Karangmojo Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah adanya tanda-tanda menurunnya belajar dan ditemukannya indikasi kejenuhan belajar. Maka dari itu, guru Fiqih mencari solusi dalam mengatasi permasalahan belajar dengan menerapkan strategi active debat. Strategi active debat diterapkan hanya pada materi yang cocok diterapkan strategi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi active debat dalam mengatasi kejenuhan belajar dan hasil yang dicapai setelah diterapkannya strategi active debat serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi active debat dalam mengatasi kejenuhan belajar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran untuk kemajuan dan peningkatan mutu pendidikan dan dijadikan sebagai bahan rujukan bagi pembelajaran yang lain. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil latar di MTsN Karangmojo Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan didukung dengan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan strategi active debat di kelas VIII E merupakan salah satu strategi yang diterapkan dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa. Strategi active debat dilaksanakan pada tiap materi yang cocok, artinya tidak semua materi bisa diterapkan dengan strategi active debat. Langkah pelaksanaan strategi active debat adalah: tadarrus bersama, kegiatan awal mencakup absen, appersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran, kegiatan inti pelaksanaan strategi active debat mencakup menentukan permasalahan yang diperdebatkan, membagi dua kelompok pro dan kontra, pemberian waktu diskusi, review materi yang diajarkan, dan melakukan post test atau tes akhir. (2) hasil diterapkannya strategi active debat menunjukkan bahwa strategi active debat dapat mengatasi kejenuhan belajar. Hal ini dibuktikan dengan sebelum penerapan strategi mencapai 96% masuk kategori tingkat kejenuhan sedang, dan penerapan strategi pertama dan kedua mencapai 96% masuk dalam kategori tingkat kejenuhan sangat rendah. (3) faktor pendukung pelaksanaan strategi active debat adalah antusias siswa dalam mengikuti kegiatan, tidak membutuhkan banyak media, dan adanya kesadaran antara guru dan siswa untuk menjadi lebih baik. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan strategi active debat adalah kondisi dan suasana di kelas yang kurang mendukung, jam pelajaran yang terbatas, jarang diterapkan di kelas hanya pada waktu tertentu, dan faktor psikologis siswa sendiri. date: 2014-06-20 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/1/BAB%20II%2C%20III.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/3/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/4/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/5/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/6/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/7/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/8/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/9/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/10/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/15/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/16/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/17/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/18/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/19/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/20/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/21/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13664/22/small.jpg identifier: WATI ENDANG JUMARNI , NIM. 10411059 (2014) STRATEGI ACTIVE DEBAT SEBAGAI UPAYA GURU FIQIH MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII E MTsN KARANGMOJO GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.