@phdthesis{digilib13667, month = {June}, title = {PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MIN TEMPEL SLEMAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = { NIM. 10480031 UMTI FATONAH }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd. }, keywords = {Kata kunci: pemanfaatan perpustakaan, sumber belajar. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13667/}, abstract = {Umti Fatonah, ?Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses pembelajaran dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I II MI N Tempel , (2) Faktor penghambat dan pendukung dalam k pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I II MI N Tempel . Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar pada siswa kelas III MIN Tempel dan mengetahui faktor penghambat serta pendukung dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualiatif deskriptif yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa yang diambil dari lembar observasi dan dokumentasi, serta faktor penghambat dan pendukung yang diambil berdasarkan hasil wawancara dan observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa belum maksimal. Pemanfaatan perpustakaan baru sebatas memanfaatkan untuk pencapaian aspek membaca dan mendengarkan. Faktor penghambat dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III MIN Tempel antara lain koleksi perpustakaan yang kurang dan krangnya minat siswa. Sedangkan faktor pendukung pemanfaatan perpustakaan di antaranya adanya tata tertib, pelayanan, motivasi guru dan gedung beserta fasilitasnya. } }