<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL\r\nBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 BANGUNTAPAN\r\n\r\n"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan metode pembelajaran\r\nkooperatif tipe TGT dengan pendekatan CTL terhadap hasil belajar matematika\r\nsiswa. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP N 5 Banguntapan Bantul pada\r\nsemester genap tahun ajaran 2012/2013 pada pokok bahasan bangun Limas.\r\nJenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain\r\npenelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel penelitian terdiri atas\r\ndua variabel, yaitu variabel bebas berupa metode pembelajaran kooperatif tipe\r\nTGT dengan pendekatan CTL serta variabel terikat berupa hasil belajar\r\nmatematika siswa. Populasi dalam penelitian ini ada 4 kelas yaitu kelas VIII-A,\r\nVIII-B, VIII-C, dan VIII-D yang berjumlah 101 siswa. Sampel dalam penelitian\r\nini adalah siswa kelas VIII-C dan VIII-D yang berjumlah 51 siswa. Pengambilan\r\nsampel dilakukan dengan menggunakan random sampling, diperoleh kelas VIIIC\r\nsebagai kelas kontrol dan kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan\r\ndata pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pretest dan postest.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa hasil statistik deskriptif dengan ratarata\r\nnilai pretest kelas eksperimen sebesar 55,28 dan kelas kontrol sebesar 50,56.\r\nAdapun rata-rata nilai postest kelas eksperimen sebesar 76,64 dan kelas kontrol\r\nsebesar 66,48. Pengujian hipotesis nilai posttest dengan uji T sebesar 0,012 < 0,05\r\n(artinya nilai rata-rata posttest kedua kelas cenderung berbeda). Serta skor N-gain\r\n(peningkatan) rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,450 sedangkan kelas kontrol\r\nsebesar 0,106, dan uji mann-whitney skor N-gain nilai sig 0,019 < 0,05 maka\r\nartinya nilai peningkatan N-gain dari kelas eksperimen dan kelas kontrol\r\ncenderung berbeda. Berdasarkan pemaparan nilai pretest, posttest, uji T dan Ngain;\r\nrata-rata nilai kelas eksperimen cenderung lebih tinggi daripada kelas\r\nkontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT\r\ndengan pendekatan CTL lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang\r\nmenerapkan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa\r\npada pokok bahasan limas.\r\n\r\n"^^ . "2014-06-11" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08600041"^^ . "NOFA ALI ASHAR "^^ . "NIM. 08600041 NOFA ALI ASHAR "^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL\r\nBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 BANGUNTAPAN\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL\r\nBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 BANGUNTAPAN\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL\r\nBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 BANGUNTAPAN\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL\r\nBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 BANGUNTAPAN\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL\r\nBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 BANGUNTAPAN\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL\r\nBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 BANGUNTAPAN\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL\r\nBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 BANGUNTAPAN\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL\r\nBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 BANGUNTAPAN\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL\r\nBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 BANGUNTAPAN\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE\r\nTEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL\r\nBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 BANGUNTAPAN\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #13681 \n\nEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE \nTEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN \nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL \nBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 5 BANGUNTAPAN \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .