<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM\r\nPEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2012/2013\r\n\r\n"^^ . "Kimia merupakan suatu pengetahuan atau ilmu yang didasarkan pada percobaan\r\ndan pengalaman. Ilmu kimia didasarkan pada dua hal yaitu kimia sebagai produk dan\r\nkimia sebagai proses. Pembelajaran kimia di SMA harus menitik beratkan pada\r\npemberian pengalaman kepada peserta didik, salah satunya adalah kegiatan\r\npraktikum. Sarana dan prasarana yang baik seharusnya dapat dimanfaatkan dengan\r\nmaksimal dalam menunjang proses pembelajaran kimia di sekolah.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan laboratorium\r\ndalam pembelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian\r\nini menggunakan teknik wawancara, skala sikap, dan studi document untuk\r\npegumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Negeri se-kota\r\nYogyakarta. Sampel yang digunakan adalah lima SMA Negeri di kota Yogyakarta.\r\nPengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling.\r\nHasil penelitian menunjukkan laboratorium kimia di SMA Negeri se-kota\r\nYogyakarta dimanfaatkan secara efektif dalam pembelajaran kimia. Laboratorium\r\ndigunakan dengan baik pada pembelajaran kimia dengan frekuensi pemanfaatan\r\nlaboratorium 66,67%. Peserta didik di SMA Negeri di kota Yogyakarta sangat\r\nantusias terhadap pemanfaatan laboratorium untuk proses pembelajaran dengan ratarata\r\nsikap peserta didik terhadap pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran\r\nkimia 115,588 pada kategori baik. Laboratorium kimia tidak hanya digunakan saat\r\nkegiatan belajar mengajar, namun juga digunakan untuk praktikum ekstra. Dengan\r\nadanya praktikum ekstra diharapkan semua materi kimia tersampaikan sesuai dengan\r\nkompetensi dasar dan pembelajaran kimia menjadi lebih efektif.\r\n\r\n"^^ . "2014-10-10" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08670032"^^ . "RIZKA MARATUSH SHOLIHAH "^^ . "NIM. 08670032 RIZKA MARATUSH SHOLIHAH "^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM\r\nPEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2012/2013\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM\r\nPEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2012/2013\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM\r\nPEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2012/2013\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM\r\nPEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2012/2013\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM\r\nPEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2012/2013\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM\r\nPEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2012/2013\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM\r\nPEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2012/2013\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM\r\nPEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2012/2013\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM\r\nPEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2012/2013\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM\r\nPEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2012/2013\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #13682 \n\nEFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM \nPEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA \nTAHUN AJARAN 2012/2013 \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Kimia" . .