TY - THES N1 - Pembimbing : Karmanto, M.Sc ID - digilib13688 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13688/ A1 - GUSNI RATNA NINGRUM , NIM. 10670028 Y1 - 2014/06/19/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model John Elliot. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kimia dengan menggunakan model pembelajaran team game tournament ?soal berantai? dengan media peta konsep mandiri di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah 21 peserta didik kelas X. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, skala motivasi, dan ujian tulis. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, peningkatan persentase motivasi belajar peserta didik 12,2% dari 76,15% pada siklus 1 dalam kategori tinggi menjadi 88,35% pada siklus 2 dalam kategori sangat tinggi, sedangkan nilai persentase ketuntasan peserta didik berdasarkan nilai KKM sebesar 71, ? 75% peserta didik tuntas. Persentase peserta didik yang tuntas yaitu sebesar 91%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran team game tournament ?soal berantai? dengan media peta konsep mandiri dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci : model pembelajaran Team Game Tournament KW - peta konsep mandiri M1 - skripsi TI - PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT ?SOAL BERANTAI? DENGAN MEDIA PETA KONSEP MANDIRI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA AV - restricted ER -