eprintid: 13694 rev_number: 32 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/36/94 datestamp: 2014-07-22 03:04:14 lastmod: 2016-02-23 03:44:30 status_changed: 2014-07-22 03:04:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD TAUFIQ FAUZI , NIM. 09670006 title: PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BILINGUAL LEARNING BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFESIONAL 8 SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK ASAM DAN BASA ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: CD pembelajaran, macromedia flash professional 8, kimia bilingual learning, asam dan basa. note: Pembimbing : Karmanto, S.Si., M.Sc. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik proses dan produk, serta untuk mengetahui kelayakan CD multimedia interaktif bilingual learning yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian dari reviewers (4 pendidik kimia SMA) dan respon oleh 20 peserta didik SMA kelas XI. Penyusunan CD multimedia interaktif bilingual learning ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penyusunan diawali dengan melakukan analisis kebutuhan yang meliputi analisis peserta didik, analisis kurikulum dan analisis materi. Produk CD multimedia interaktif bilingual learning ini ditinjau oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli bahasa, ahli media dan peer reviewer. Penilaian produk dilakukan oleh 4 reviewers dan direspon oleh 20 peserta didik kelas XI IPA. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek (check list) berisi 4 aspek untuk mengetahui kualitas produk, serta angket daftar cek (check list) berisi 5 aspek untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini berupa CD multimedia interaktif bilingual learning berbasis macromedia flash professional 8 sebagai sumber belajar kimia pada materi pokok asam dan basa. Hasil penelitian CD multimedia interaktif bilingual learning berdasarkan penilaian reviewers memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 84,37%. Respon yang dihasilkan menurut 20 peserta didik memberikan respon yang sangat baik, yaitu sebesar 98,9% terhadap CD multimedia interaktif bilingual learning. Dengan demikian CD multimedia interaktif bilingual learning ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar mandiri. date: 2014-06-20 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUHAMMAD TAUFIQ FAUZI , NIM. 09670006 (2014) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BILINGUAL LEARNING BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFESIONAL 8 SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK ASAM DAN BASA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13694/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13694/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf