eprintid: 13730
rev_number: 30
eprint_status: archive
userid: 71
dir: disk0/00/01/37/30
datestamp: 2014-07-24 01:21:29
lastmod: 2016-01-08 07:47:18
status_changed: 2014-07-24 01:21:29
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: RIZA SWASTIKA , NIM. 10730027
title: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. ARAH
DUNIA TELEVISI DALAM MENDAPATKAN KLIEN


ispublished: pub
subjects: I
divisions: jur_ikom
full_text_status: restricted
keywords: Kata Kunci : pemasaran, komunikasi pemasaran, strategi.



note: Pembimbing :  Mokhamad Mahfud, S.sos. I., M.Si.

abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran
PT. Arah Dunia Televisi dalam mendapatkan klien dan kendala yang dihadapi
oleh Divisi Marketing dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran. PT.
Arah Dunia televisi merupakan stasiun televisi baru di Yogyakarta, sekaligus
menjadi televisi islan pertama di Yogyakarta yang berlatar belakang
Muhammadiyah. PT. Arah Dunia Televisi dituntut untuk mempunyai strategi
komunikasi pemasaran tidak hanya untuk mendapatkan klien dari Muhammadiyah
saja tetapi seluruh masyarakat Yogyakarta.
Data didapatkan dari menyeleksi dokumen, melakukan observasi dan
wawancara dengan 3 (tiga) informan, Fauzan Arafat Siahaan sebagai Manager
Marketing, Wiwit Siregar sebagai Account Executive dan Junianto sebagai
Marketing Communication. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan
metode kualitatif, yaitu untuk menganalisis data yang didapatkan dari pendekatan
kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi
pemasaran di PT. Arah Dunia Televisi menggunakan marketing tools yang
menjadi bagian dari Integrated Marketing Communication (IMC), yaitu
periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perorangan dan
penjualan langsung. Penelitian ini menemukan faktor lain yang digunakan dalam
strategi komunikasi pemasaran, harga merupakan salah satu hal yang menentukan
klien untuk bekerja sama. Selain itu, peneliti menemukan kendala yang dihadapi
ketika melaksanakan strategi komunikasi pemasaran yaitu harga yang tinggi
dibandingkan dengan televisi lokal lainnya di Yogyakarta, kualitas layar televisi
yang kurang baik, and brand ADiTV yang belum terkenal di Yogyakarta. Peneliti
juga menemukan bahwa Muhammadiyah justru menjadi klien tetap bagi ADiTV.


date: 2014-06-20
date_type: published
institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   RIZA SWASTIKA , NIM. 10730027  (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. ARAH DUNIA TELEVISI DALAM MENDAPATKAN KLIEN.  Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13730/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13730/2/BAB%20II%2C%20III.pdf