relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13789/
title: KOMODIFIKASI NILAI AGAMA DALAM IKLAN TELEVISI  (STUDI ANALISIS SEMIOTIK KOMODIFIKASI NILAI AGAMA TERHADAP IKLAN LARUTAN  CAP KAKI TIGA)    
creator: GUSTI VITA RIANA , NIM. 10210056
subject: Komunikasi Islam
subject: Penyiaran Islam
description: Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat iklan di televisi sebagai bahan  penelitian. Iklan televisi yang dianalisis adalah iklan televisi Larutan Cap Kaki  Tiga. Penelitian ini menganalisis tiga versi iklan televisi Larutan Cap Kaki Tiga  yaitu versi “Markisa”, “Ibu di Supermarket”, dan “Mama Dedeh”. Penelitian ini  dilatarbelakangi oleh da’i (Mama Dedeh) yang membintangi ketiga iklan tersebut  Yang memakai atribut nilai agama dalam periklanan, dan nilai agama di dalam  iklan ini menjadi komoditas, disinilah terjadinya mengalih fungsikan nilai agama  menjadi nilai tukar. Iklan televisi tersebut sesuai dengan tema peneliti ambil.  Tema tersebut menjadikan agama sebagai pemanfaatan dari kegunaannya yang  kemudian ditransformasikan menjadi sebuah komoditas (nilai jual) dan  kepentingan tertentu. Hal ini yang disebut komodifikasi nilai agama dalam iklan  televisi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan memahami makna  tanda-tanda komodifikasi nilai agama pada tayangan iklan televisi Larutan Cap  Kaki Tiga versi “Markisa”, “Ibu di Supermarket”, dan “Mama Dedeh”. Penelitian  ini menggunakan studi analisis semiotika Charles Sander Pierce.  Penelitian ini termasuk jenis penelitian analisis isi kritis dengan pendekatan  kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purpose sampling.  Peneliti melakukan wawancara mendalam kepada dua informan yang memiliki  kapasitas pemahaman dengan tema penelitian yang peneliti lakukan. Hal ini  dilakukan sebagai rujukan yang nantinya digunakan peneliti menjadi pembanding  dari hasil peneliti temukan. Informan tersebut yakni pengamat iklan dan da’i.  Untuk menguji kevaliditasan datanya menggunakan teknik trianggulasi teori.  Setelah dilakukan analisis, hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa  kepentingan pengiklan untuk mengajak masyarakat/konsumen untuk  mengkonsumsi Larutan Cap Kaki Tiga melalui penggunaan visual tanda-tanda  keagamaan menjadi sesuatu yang mutlat untuk mendapatkan empati dan intipati  khalayak untuk membeli dan menggunakan produk Cap Kaki Tiga (minuman  larutan panas dalam). Berangkat dari hal tersebut peneliti menyadari bahwa  atribut yang digunakan hanyalah sebagai konsep cerita yang bertujuan untuk  mempromosikan produk. Hal inilah yang menjadi komoditas seperti yang  dikatakan oleh Mosco tentang adanya pengalihan fungsi guna menjadi fungsi jual  yang berwujud kapitalis.    
date: 2014-06-09
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13789/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13789/2/BAB%20II%2C%20III.pdf
identifier:   GUSTI VITA RIANA , NIM. 10210056  (2014) KOMODIFIKASI NILAI AGAMA DALAM IKLAN TELEVISI (STUDI ANALISIS SEMIOTIK KOMODIFIKASI NILAI AGAMA TERHADAP IKLAN LARUTAN CAP KAKI TIGA).  Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.