TY  - THES
N1  - Pembimbing :  Muhamad Zamroni, S.Sos.I.,M.Si.

ID  - digilib13789
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13789/
A1  - GUSTI VITA RIANA , NIM. 10210056
Y1  - 2014/06/09/
N2  - Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat iklan di televisi sebagai bahan
penelitian. Iklan televisi yang dianalisis adalah iklan televisi Larutan Cap Kaki
Tiga. Penelitian ini menganalisis tiga versi iklan televisi Larutan Cap Kaki Tiga
yaitu versi ?Markisa?, ?Ibu di Supermarket?, dan ?Mama Dedeh?. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh da?i (Mama Dedeh) yang membintangi ketiga iklan tersebut
Yang memakai atribut nilai agama dalam periklanan, dan nilai agama di dalam
iklan ini menjadi komoditas, disinilah terjadinya mengalih fungsikan nilai agama
menjadi nilai tukar. Iklan televisi tersebut sesuai dengan tema peneliti ambil.
Tema tersebut menjadikan agama sebagai pemanfaatan dari kegunaannya yang
kemudian ditransformasikan menjadi sebuah komoditas (nilai jual) dan
kepentingan tertentu. Hal ini yang disebut komodifikasi nilai agama dalam iklan
televisi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan memahami makna
tanda-tanda komodifikasi nilai agama pada tayangan iklan televisi Larutan Cap
Kaki Tiga versi ?Markisa?, ?Ibu di Supermarket?, dan ?Mama Dedeh?. Penelitian
ini menggunakan studi analisis semiotika Charles Sander Pierce.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian analisis isi kritis dengan pendekatan
kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purpose sampling.
Peneliti melakukan wawancara mendalam kepada dua informan yang memiliki
kapasitas pemahaman dengan tema penelitian yang peneliti lakukan. Hal ini
dilakukan sebagai rujukan yang nantinya digunakan peneliti menjadi pembanding
dari hasil peneliti temukan. Informan tersebut yakni pengamat iklan dan da?i.
Untuk menguji kevaliditasan datanya menggunakan teknik trianggulasi teori.
Setelah dilakukan analisis, hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa
kepentingan pengiklan untuk mengajak masyarakat/konsumen untuk
mengkonsumsi Larutan Cap Kaki Tiga melalui penggunaan visual tanda-tanda
keagamaan menjadi sesuatu yang mutlat untuk mendapatkan empati dan intipati
khalayak untuk membeli dan menggunakan produk Cap Kaki Tiga (minuman
larutan panas dalam). Berangkat dari hal tersebut peneliti menyadari bahwa
atribut yang digunakan hanyalah sebagai konsep cerita yang bertujuan untuk
mempromosikan produk. Hal inilah yang menjadi komoditas seperti yang
dikatakan oleh Mosco tentang adanya pengalihan fungsi guna menjadi fungsi jual
yang berwujud kapitalis.


PB  - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
KW  - Kata Kunci : Komodifikasi
KW  -  Nilai Agama
KW  -  Iklan Televisi



M1  - skripsi
TI  - KOMODIFIKASI NILAI AGAMA DALAM IKLAN TELEVISI
(STUDI ANALISIS SEMIOTIK KOMODIFIKASI NILAI AGAMA TERHADAP IKLAN LARUTAN
CAP KAKI TIGA)


AV  - restricted
ER  -