eprintid: 13811 rev_number: 28 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/38/11 datestamp: 2014-08-21 02:14:38 lastmod: 2015-10-19 08:51:55 status_changed: 2014-08-21 02:14:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUSRIFAH , NIM. 10220016 title: METODE BIMBINGAN KEMANDIRIAN PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB G DAYA ANANDA PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Bimbingan kemandirian, anak tunadaksa note: Pembimbing : Dr. Irsyadunnas, M.Ag. abstract: MUSRIFAH. Bimbingan Kemadirian Pada Anak Tunadaksa di SLB G Daya Ananda Purwomartani Kalasan Sleman. Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2014. Tunadaksa adalah individu yang mengalami kecacatan pada anggota tubuhny abukan pada inderanya. Karena anak tunadaksa mengalami keterbatasan gerak pada anggota tubuhnya sehingga di dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti layaknya anak normal lainnya pasti akan banyak mengalami kesulitan, oleh sebab itu anak tunadaksa membutuhkan bimbingan kemandirian agar bias lebih mandiri dalam melakukan aktivitas sehari-hari tanpa tergantung pada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode apa yang digunakan dalam bimbingan kemandirian pada anak tunadaksa di SLB G Daya Ananda Purwomartani Kalasan Sleman, untuk mengetahui hasil pelaksanaan bimbingan kemandirian pada anak tunadaksa, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak tunadaksa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan mengambil lokasi penelitian di SLBG G Daya Ananda. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, setelah data terkumpul kemudian disusun dengan urutan pembahasan yang telah direncanakan, kemudian dilakukan interpretasi secukupnya dan kemudian dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode yang digunakan oleh pembimbing dalam memberikan bimbingan kemandirian adalah menggunakan pertama metode demonstrasi adapun factor pendukung dari metode ini adalah kestabilan emosi pembimbing, ketersediaan fasilitas yang memadai, Adanya interaksi yang akrab antara pembimbing dan anak tunadaksa, keahlian pembimbing, program-program sekolah, sedangkan factor penghambat metode ini adalah metode yang kurang variatif dan waktu yang sangat terbatas. Kedua eksperimen. Adapun factor pendukung metode ini adalah samahalnya dengan metode demonstrasi selain itu faktor lain yang mendukung metode ini adalah motivasi dalam diri anak tunadaksa, sedangkan penghamba tmetode ini adalah karakter anak yang berbeda, kurang peranan dari orang tua, waktu yang sangat terbatas. date: 2014-06-18 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi citation: MUSRIFAH , NIM. 10220016 (2014) METODE BIMBINGAN KEMANDIRIAN PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB G DAYA ANANDA PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13811/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13811/2/BAB%20II%2C%20III.pdf