eprintid: 1383 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/13/83 lastmod: 2012-05-04 16:40:54 status_changed: 2012-05-04 16:40:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: JALALUDIN RAIS - NIM. 04420896, title: PROBLEMATIKA PENGAJARAN MEMBACA TEKS ARAB DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA ispublished: pub full_text_status: none keywords: Probematika, Membaca, teks Arab. note: b Pembimbing : /b Drs. H. Nazri Syakur, M.A. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pengajaran membaca teks Arab, problem-problem yang dihadapi siswa maupun guru serta usaha-usaha apa saja yang dilakukan oleh guru untuk menangani permasalahan- permasalahan yang timbul, sehingga tujuan pengajaran membaca teks Arab tersebut dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pelaksanaan pengajaran bahasa Arab bertujuan agar para siswa mampu membaca dan menulis Arab, dan dalam pengajarannya: guru membacakan teks terlebih dahulu, kemudian membaca secara bersama-sama lalu guru menjelaskan bacaan teks Arab tersebut baik mengenai qawa'id maupun maknanya. Dan maembaca disini lebih ditekankan dari aspek Lafzu al-maktubnya, dan belum samapai pada aspek Fahmu al-maqru' secara mendalam apalagi dari segi qawa'idnya. (2) problem yang dihadapi oleh guru bahasa Arab adalah terkait dengan tingkat hetrogenitas pemahaman siswa yang sangat tinggi, minat amp; motivasi siswa yang sangat rendah, masih banyaknya dari para siswa yang belum fasih dalam mengucapkan atau melafalkan huruf Arab sehingga berimplikasi terhadap kemampuan mereka dalam membaca teks Arab dan minimnya waktu yang tersedia. Sedangkan problem yang digadapi oleh siswa sendiri adalah kesulitan mengucapkan huruf-huruf hija'iyah yang berdekatan mahkraj hurufnya, penyajian materi yang terkesan kurang menarik dan metode pengajarnnya terkesan monoton. (3) dan usaha guru dalam menangani permasalahan yang timbul adalah dengan menambah jam ektrakurikuler, mengadakan pandampingan secara intensif bagi siswa yang belum fasih dalam membaca dan meamberikan fasilitas yang memadai seperti buku paket bahasa Arab, buku-buku bacaan berbahasa Arab dan berbagai macam kamus berbahasa Arab. date: 2008-07-24 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2008-07-24 13:00:40 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--jalaludinr-1014-1-jalaludi-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/21/digilib-uinsuka--jalaludinr-1014-1-jalaludi-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=1167 ; nama file lama : JALALUDIN RAIS 04420896 PROBLEMATIKA PENGAJARAN MEMBACA TEKS ARAB DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1103054 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2008-07-24 13:00:40 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--jalaludinr-1014-1-jalaludi-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/21/digilib-uinsuka--jalaludinr-1014-1-jalaludi-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=1167 ; nama file lama : JALALUDIN RAIS 04420896 PROBLEMATIKA PENGAJARAN MEMBACA TEKS ARAB DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1103054 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: JALALUDIN RAIS - NIM. 04420896, (2008) PROBLEMATIKA PENGAJARAN MEMBACA TEKS ARAB DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.