@mastersthesis{digilib13844, month = {June}, title = {KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK MTs NURUL HUDA DEMAK }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 1220410107 ADIK HERMAWAN }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Musthofa, S.Ag., M.Si. }, keywords = {Kata kunci: REBT, berbasis Islam, self efficacy. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13844/}, abstract = {Adik Hermawan, S.Pd.I. ?Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy Berbasis Islam Untuk Meningkatkan Self Efficacy Peserta Didik MTs Nurul Huda Demak?. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling rational emotive behaviour therapy berbasis Islam untuk meningkatkan self efficacy peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 peserta didik yang berasal dari kelas VIII MTs Nurul Huda Demak yang dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok tersebut dipilih secara random assignment. Dalam penelitian ini menggunakan desain randomized two group pre-test and post-test design (desain eksperimen ulang). Pengukuran dilakukan dengan alat ukur psikologi yaitu skala self efficacy. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji beda T-Test. Independent sample test untuk menganalisis perbedaan pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, sedangkan paired sample test untuk menganalisis perbedaan skor pre-test dengan post-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari hasil analisis independent sample test diperoleh nilai Sig. 0,037 {\ensuremath{<}} 0,05. Berarti terdapat perbedaan peningkatan self efficacy pada kelompok eksperimen. Sedangkan dari hasil analisis paired sample test pada kelompok eksperimen diperoleh nilai Sig. 0,045 {\ensuremath{<}} 0,05. Berarti terdapat perbedaan peningkatan skor self efficacy siswa antara sebelum dengan sesudah diberi perlakuan. Pada kelompok kontrol diperoleh nilai sig. 0,110 {\ensuremath{>}} 0,05. Berarti tidak terdapat perbedaan skor self efficacy pada peserta didik antara sebelum dengan sesudah diberi perlakuan berupa konseling rational emotive behaviour therapy berbasis Islam. Sedangkan dari hasil uji beda selisih nilai pre-test dengan post-test pada kelompok eksperimen dan kontrol, diperoleh nilai mean 0.0375 untuk kelompok eksperimen, dan 0.0263 untuk kelompok kontrol, ini berarti terdapat perbedaan selisih nilai pre-test dengan post-test pada kelompok eksperimen dan kontrol. Dari hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa konseling rational emotive behaviour therapy berbasis Islam efektif digunakan untuk meningkatkan self efficacy peserta didik MTs Nurul Huda Demak. } }