<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EKSISTENSI MANUSIA PERSPEKTIF\r\nNICOLAUS DRIYARKARA S.J.\r\n\r\n"^^ . "Masalah manusia adalah masalah yang banyak mengundang pembicaraan\r\nyang cukup panjang, karena sampai sekarang manusia modern belum mampu\r\nmencapai kesimpulan lengkap mengenai dirinya. Maka manusia dalam\r\neksistensinya sendiri yang kongkrit serta cara beradanya, maka nampaklah bahwa\r\ndia bukanlah barang yang terpisah, tanpa hubungan dengan apapun juga. Orang\r\ntak dapat mengerti siapakah manusia itu, kecuali sebagai serba terhubungkan\r\ndengan segala sesuatu yang ada disekitarnya. Orang tidak bisa berbicara tentang\r\nmanusia, kecuali dengan mengakui kesatuannya dengan segala sesuatu. Masingmasing\r\norang tidak memiliki keterangan dan pengertian yang lebih jelas tentang\r\ndirinya sendiri, kecuali dengan menyimak hubungannya dengan semesta alam.\r\nSalah satu kekecewaan Driyarkara terhadap rumusan eksistensi manusia adalah\r\nrumusan atau pemikiran yang dikemukakan oleh dua aliran filsafat yang cukup besar\r\npengaruhnya, yaitu filsafat materialisme dan filsafat idealisme. Materialisme dan\r\nidealisme adalah dua pendapat yang ekstrim tentang manusia dan hidup manusia.\r\nKeduanya memuat benih-benih kebenaran, akan tetapi kedua-duanya salah. Keduaduanya\r\nmembawa kemacetan pemikiran. Eksistensi adalah jalan keluar dari kemacetan\r\nitu.\r\nDalam melakukan kajian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif\r\ndengan mengumpulkan data utama melalui riset perpustakaan (library research)\r\nteknik pengumpulan data diperoleh dari dan melalui data primer dan data\r\nsekunder. Penelitian ini menggunakan pendekatan filosofis.\r\nDengan melihat fakta-fakta itu, maka menariklah untuk mengetahui apa\r\nyang pernah dikatakan oleh N. Driyarkara S.J. tentang sifat dasar dan eksistensi\r\nmanusia bahwa pada hakekatnya manusia bukanlah makhluk yang berada\r\nsendirinya di dunia ini, karena itu hakekat manusia hanya dapat diketahui berkat\r\nhubungannya dan dilihat dalam hubungannya dengan: 1) dunia jasmani\r\n(hubungan ke bawah), 2) sesamanya (hubungan mendatar, horizontal) dan 3)\r\nTuhan (hubungan ke atas, transendental).\r\nKetiga macam hubungan ini menurut N. Driyarkara S.J. merupakan\r\nkesatuan yang konstitutif dan integral dengan sifat dasar dan eksistensi manusia.\r\nKetiganya tidak dapat dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Ketiganya hanya\r\ndapat atau boleh dibedakan saja. Hubungan dengan Tuhan merupakan dasar yang\r\nmenjiwai serta menampakkan diri dalam hubungan dengan dunia jasmani dan\r\nsesama. Hubungan dengan dunia jasmani dan sesama mencapai puncak\r\nkesempurnaan dalam hubungan dengan Tuhan.\r\n\r\n"^^ . "2014-06-16" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . " NIM. 07510011"^^ . "MOHAMMAD BUSRO"^^ . " NIM. 07510011 MOHAMMAD BUSRO"^^ . . . . . . "EKSISTENSI MANUSIA PERSPEKTIF\r\nNICOLAUS DRIYARKARA S.J.\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "EKSISTENSI MANUSIA PERSPEKTIF\r\nNICOLAUS DRIYARKARA S.J.\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EKSISTENSI MANUSIA PERSPEKTIF\r\nNICOLAUS DRIYARKARA S.J.\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EKSISTENSI MANUSIA PERSPEKTIF\r\nNICOLAUS DRIYARKARA S.J.\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EKSISTENSI MANUSIA PERSPEKTIF\r\nNICOLAUS DRIYARKARA S.J.\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EKSISTENSI MANUSIA PERSPEKTIF\r\nNICOLAUS DRIYARKARA S.J.\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "EKSISTENSI MANUSIA PERSPEKTIF\r\nNICOLAUS DRIYARKARA S.J.\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EKSISTENSI MANUSIA PERSPEKTIF\r\nNICOLAUS DRIYARKARA S.J.\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EKSISTENSI MANUSIA PERSPEKTIF\r\nNICOLAUS DRIYARKARA S.J.\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EKSISTENSI MANUSIA PERSPEKTIF\r\nNICOLAUS DRIYARKARA S.J.\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #13895 \n\nEKSISTENSI MANUSIA PERSPEKTIF \nNICOLAUS DRIYARKARA S.J. \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Filsafat Agama" . .