eprintid: 13944 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/39/44 datestamp: 2014-09-12 01:56:04 lastmod: 2015-05-21 07:22:49 status_changed: 2014-09-12 01:56:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FARIDA HILMI, NIM. 10540030 title: MISS WORLD DALAM MEDIA DI INDONESIA (ANALISIS WACANA BERPERSPEKTIF GENDER DI KORAN SINDO DAN REPUBLIKA) ispublished: pub subjects: SA divisions: jur_soa full_text_status: restricted note: Pembimbing : Adib Sofia, S.S., M.Hum abstract: Media sebagai produk budaya populer cenderung menempatkan perempuan pada posisi termarginalkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat makna yang tersirat di balik teks pemberitaan media khusunya mengenai bagaimana media memposisikan perempuan dalam produk pemberitaannya. Wacana yang dijadikan sebagai bahan analisis dalam penelitian ini yaitu mengenai penggambaran Kontes Kecantikan Miss World 2013 dalam Koran Sindo dan Republika serta bentuk konstruksi dan ketidakadilan gender dalam kontes tersebut. Media yang dijadikan sebagai subjek dalam penelitian ini adalah Koran Sindo dan Republika karena kedua media tersebut dilatarbelakangi oleh ideologi agama dan kepentingan yang berbeda. Selain itu, penelitian ini juga mendeskripsikan adanya ideologi kapitalisme yang dianut oleh tiap-tiap media dan menjadikan dalil-dalil dan simbol-simbol agama sebagai alat untuk menarik perhatian khalayak dan melegitimasi kebenaran pemberitaanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analisis Wacana model Sara Mills yang memfokuskan analisisnya pada perspektif gender dan posisi perempuan dalam media. Sumber data yang dianalisis dalam penelitian ini yakni semua materi pembertiaan yang dilakukan Koran Sindo dan Republika mengenai Miss World 2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi yaitu mengumpulkan berita, opini, gambar atau foto, maupun literatur yang relevan dan berhubungan dengan penelitian dan dianalisis menggunakan prosedur analisis Sara Mills. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa dalam melakukan pemberitaan mengenai Miss World 2013 cenderung tidak netral dan memihak kepada kelompok yang menguntungkannya. Ideologi agama dan kapitalisme yang di anut media turut mempengaruhi produk pemberitannya dengan tujuan dapat mengontrol dan mempengaruhi masyarakat sesuai dengan yang ia inginkan. Selain itu, ditemukan adanya konstruksi gender yang dilakukan Koran Sindo dan Republika berupa kecenderungan penempatan perempuan pada posisi objek pemberitaan, dan selalu menjadi makhluk nomor dua setelah laki-laki. Adapun bentuk-bentuk ketidakadilan gender perempuan pada Koran Sindo dan Republika antara lain: marginalisasi perempuan, diskriminasi, streotipe, kekerasan seksual, dan beban kerja ganda. date: 2014-06-16 date_type: published institution: UIN SUNANKALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: FARIDA HILMI, NIM. 10540030 (2014) MISS WORLD DALAM MEDIA DI INDONESIA (ANALISIS WACANA BERPERSPEKTIF GENDER DI KORAN SINDO DAN REPUBLIKA). Skripsi thesis, UIN SUNANKALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13944/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13944/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf