%0 Thesis
%9 Skripsi
%A SRI HARYANI , NIM.  09480069
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2014
%F digilib:13965
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Kata kunci : Keterampilan berbicara, motivasi belajar, strategi  sosiodrama, dan bahasa Indonesia.      
%T UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN  MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN STRATEGI SOSIODRAMA  PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MI  MA’ARIF BEGO TAHUN AJARAN 2012/2013    
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13965/
%X Sri Haryani, 2013. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Motivasi  Belajar Siswa dengan Strategi Sosiodrama pada Mata Pelajaran Bahasa  Indonesia Kelas III B MI Ma’arif Bego Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi,  Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan  Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.  Dosen Pembimbing : Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd  Bahasa Indonesia berperan sebagai alat untuk mempersatukan keberagaman  bahasa, adat istiadat, suku, dan budaya. Bertolak dari hal tersebut, siswa  diharapkan memiliki kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia  dengan baik dan benar. Permasalahan yang terjadi di kelas adalah siswa belum  mampu berbicara menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta  tidak sesuai dengan situasi dan konteks, sehingga perlu adanya motivasi dalam  pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran, yaitu  meningkatkan keterampilan berbicara dan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa  kelas III B MI Ma’ arif Bego.  Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi sosiodrama.  Strategi sosiodrama menuntut siswa agar dapat berbicara sesuai situasi dan  konteks yang sedang dihadapi. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis  penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tahap perencanaan, tindakan,  pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 26 siswa di MI Ma’ arif  Bego, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.  Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi,  angket, dan jurnal harian selama proses pembelajaran. Dalam penelitian ini,  strategi sosiodrama diterapkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III B  MI Ma’ arif Bego.  Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: hasil belajar siswa  berupa keterampilan berbicara mengalami peningkatan, yaitu dari 55,13% pada  pra tindakan menjadi 58,29% pada siklus I, 73,47% pada siklus II, dan 79,29%  pada siklus III. Sedangkan untuk angket motivasi belajar siswa juga mengalami  peningkatan, yaitu 58,06% pada pra tindakan, 80,97% pada siklus I, 83,72% pada  siklus II, dan 88,42% pada siklus III.  Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi sosiodrama telah  berhasil meningkatkan keterampilan berbicara dan motivasi belajar siswa. Dari  hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pembelajaran dengan  menggunakan strategi sosiodrama dalam mengajarkan mata pelajaran bahasa  Indonesia khususnya keterampilan berbicara dan motivasi belajar siswa. Bagi  penulis lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan startegi atau  pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di madrasah.    
%Z Pembimbing :  Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd.