<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM\r\nMENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\n\r\n"^^ . "Achmadullah, “Implementasi Metode Think Pair Share Dalam\r\nMeningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran\r\nMatematika”.\r\nLatar belakang dari pelaksanaan penelitian ini karena partisipasi dan hasil\r\nbelajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V MI Al-Iman\r\nDaarussalaam Candisari Secang Magelang, masih rendah. Hal ini disebabkan\r\nkarena guru masih mendominasi dalam proses pembelajaran dan masih\r\nmenggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Oleh karena itu,\r\nuntuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa, perlu dilaksanakan PTK.\r\nPTK yang dilaksanakan ialah dengan mengimplementasikan metode think pair\r\nshare. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar\r\nsiswa kelas V MI Al-Iman Candisari dalam materi pecahan dengan menerapkan\r\nmetode think pair share.\r\nPenelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus\r\nterdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.\r\nPenelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang bersifat\r\nmenggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan\r\ntujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa.\r\nPengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi aktivitas guru dan\r\naktivitas partisipasi siswa pada saat pembelajaran, tes hasil belajar siswa yang\r\ndiambil dari soal tes pada setiap akhir siklus, dokumentasi, dan wawancara\r\ndengan guru kolaborator.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode think pair\r\nshare dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan\r\npartisipasi siswa dibuktikan pada hasil pengamatan prasiklus hanya 7 (25%) siswa\r\nyang berpartisipasi aktif, pada siklus I siswa meningkat menjadi 14 siswa (50%),\r\ndan pada siklus II partisipasi siswa meningkat menjadi 23 siswa (82,14%).\r\nPeningkatan hasil belajar dibuktikan bahwa persentase ketuntasan klasikal siswa\r\npada pra siklus ialah 15 siswa (53,57%), pada siklus I meningkat menjadi 19\r\nsiswa (67,86%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 23 siswa (82,14%).\r\nPeningkatan jumlah nilai yaitu 1.700 pada pra siklus menjadi 1.910 pada siklus I\r\ndan 2.220 pada siklus II. Untuk nilai rata-rata ada peningkatan yaitu pada\r\nprasiklus 60,71, pada siklus I nilai rata-rata naik 68,21, dan pada siklus II\r\nmeningkat menjadi 79,29.\r\n\r\n"^^ . "2014-06-16" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . " NIM. 13485306"^^ . "ACHMADULLAH"^^ . " NIM. 13485306 ACHMADULLAH"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM\r\nMENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM\r\nMENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM\r\nMENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM\r\nMENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM\r\nMENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM\r\nMENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM\r\nMENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM\r\nMENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM\r\nMENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM\r\nMENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #13970 \n\nIMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM \nMENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR \nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .