eprintid: 13970 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/39/70 datestamp: 2014-09-17 01:39:57 lastmod: 2017-01-31 04:01:26 status_changed: 2014-09-17 01:39:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ACHMADULLAH, NIM. 13485306 title: IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Pembelajaran matematika, think pair share, partisipasi, hasil belajar. note: Pembimbing : Dr. Siti Fatonah, M.Pd. abstract: Achmadullah, “Implementasi Metode Think Pair Share Dalam Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika”. Latar belakang dari pelaksanaan penelitian ini karena partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V MI Al-Iman Daarussalaam Candisari Secang Magelang, masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru masih mendominasi dalam proses pembelajaran dan masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa, perlu dilaksanakan PTK. PTK yang dilaksanakan ialah dengan mengimplementasikan metode think pair share. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas V MI Al-Iman Candisari dalam materi pecahan dengan menerapkan metode think pair share. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi aktivitas guru dan aktivitas partisipasi siswa pada saat pembelajaran, tes hasil belajar siswa yang diambil dari soal tes pada setiap akhir siklus, dokumentasi, dan wawancara dengan guru kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode think pair share dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan partisipasi siswa dibuktikan pada hasil pengamatan prasiklus hanya 7 (25%) siswa yang berpartisipasi aktif, pada siklus I siswa meningkat menjadi 14 siswa (50%), dan pada siklus II partisipasi siswa meningkat menjadi 23 siswa (82,14%). Peningkatan hasil belajar dibuktikan bahwa persentase ketuntasan klasikal siswa pada pra siklus ialah 15 siswa (53,57%), pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa (67,86%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 23 siswa (82,14%). Peningkatan jumlah nilai yaitu 1.700 pada pra siklus menjadi 1.910 pada siklus I dan 2.220 pada siklus II. Untuk nilai rata-rata ada peningkatan yaitu pada prasiklus 60,71, pada siklus I nilai rata-rata naik 68,21, dan pada siklus II meningkat menjadi 79,29. date: 2014-06-16 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: ACHMADULLAH, NIM. 13485306 (2014) IMPLEMENTASI METODE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13970/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13970/1/BAB%20II%2C%20III.pdf