@phdthesis{digilib13973, month = {March}, title = {LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VIII MTS WAHID HASYIM YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12220064 SHOFIA ISNAWATI}, year = {2016}, note = {Muhsin Kalida, S.Ag. MA.}, keywords = {Layanan Bimbingan Kelompok, Kecerdasan Emosi.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13973/}, abstract = {Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya fenomena yang terjadi pada siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Yogyakarta mengindikasikan gejala kecerdasan emosi rendah, hal itu ditunjukkan dengan adanya siswa yang mudah marah, sering melanggar tata tertib, agresif, dan menarik diri dari pergaulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode dan langkahlangkah pelaksanaan bimbingan kelompok guru BK dalam mengembangkan kecerdasan emosi siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Peneltian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dilakukan yang dilakukan langsung terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan, dengan metode observasi, dokumentasi, ddan wawancara. Subyek penelitian guru BK, siswa kelas VIII yang mengikuti bimbingan kelompok. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan bimbingan kelompok yang dilaksanakan oleh guru bimbingan konseling dalam upaya mengembangkan kecerdasan emosi siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Yogyakarta dilakukan dengan dua bentuk yaitu 1) pelajaran bimbingan yang memberikan informasi dan pemahaman pada bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir dengan materi seputar kecerdasan emosi. 2) diskusi kelompok yang membuat siswa dapat beriteraksi, bertukar pikiran tentang materi atau tema diskusi, dan adanya alternatif pemecahan masalah. Sehingga dengan pelajaran bimbingan dan diskusi kelompok dapat mengembangkan kecerdasan emosi. Tahap-tahapp pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yaitu Langkah awal, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan yang terdiri dari tahap pembentukan, peralihan, kegiatan, dan pengakhiran dilanjutkan dengan evaluasi, dan analisis tindak lanjut} }