%0 Thesis %9 Skripsi %A AGUNG WIBAWA , NIM. 13485236 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:13977 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kata Kunci : hasil belajar kognitif, ilmu pengetahuan alam, teknik mind mapping %T UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA MELALUI TEKNIK MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV MI ATTAQWA GUPPI WOJOWALUR SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13977/ %X Agung Wibawa, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi dan Perubahannya Melalui Teknik Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV MI At-Taqwa GUPPI Wojowalur Semester II Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Pada proses pembelajaran di MI At Taqwa GUPPI Wojowalur, terutama saat mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), sebagian siswa kelas IV masih menganggap pelajaran tersebut membosankan. Hal tersebut dikarenakan terlalu banyak hafalannya sehingga mengakibatkan motivasi belajar siswa menurun. Dalam penyampaian materi IPA di kelas tersebut, guru menggunakan metode konvensional (ceramah) sehingga siswa kurang merasa tertarik dengan materi yang diajarkan. Selain itu juga dapat dilihat pada saat guru sedang menerangkan materi pelajaran ada siswa yang lebih suka melihat keluar jendela kelas, ada yang mengobrol sendiri, ada pula sebagian siswa yang lebih tertarik untuk melakukan coret-coret di buku pelajaran mereka. Berdasarkan kondisi tersebut di atas, maka pengamat dapat melihat bahwa guru kurang dapat mengoptimalkan kreativitas siswa. Keadaan yang kurang kondusif ini berdampak pada rendahnya hasil belajar kognitif siswa yang ditunjukkan dari nilai-nilai ulangan harian siswa yang masih dari kurang standar ketuntasan minimal di MI At Taqwa GUPPI Wojowalur yaitu 70. Rendahnya hasil belajar kognitif tersebut juga terlihat pada siswa kelas IV MI At Taqwa GUPPI Wojowalur yang berjumlah 8 siswa pada saat diajarakan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, bahwa dari siswa yang mengikuti tes hasil belajar IPA yang berhasil mencapai KKM hanya 3 siswa saja. Sesuai dengan kondisi kelas tersebut maka dibutuhkan pembelajaran dengan teknik yang dapat membuat siswa tertarik. Pembelajaran seperti itu bisa dilakukan dengan teknik Mind Mapping. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui pengunaan teknik Mind Mapping dalam pembelajaran IPA dan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV MI Attaqwa GUPPI Wojowalur dengan teknik Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti, dengan subjek penelitian siswa kelas IV MI Attaqwa GUPPI Wojowalur yang berjumlah 8 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil yang diperoleh dari penerapan teknik Mind Mapping. Setting penelitian ini adalah kelas IV MI Attaqwa GUPPI Wojowalur. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus selama penelitian terdiri dari 2 pertemuan dan tiap akhir pertemuan diberikan tes secara individu untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I hanya ada 3 siswa atau 37,5 % yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata adalah 67,5. Pada siklus II yaitu sebanyak 7 orang siswa atau 87,5 % yang mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata 76,25. Hal ini membuktikan bahwa pembelajran IPA dengan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar. %Z Pembimbing : Luluk Mauluah, M.Si.