relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13994/
title: PENERAPAN METODE INQUIRY BEBAS DENGAN MEDIA GAMBAR  GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BARU  DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V  MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NGARGOGONDO BOROBUDUR  KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
creator: ALFIYATI  , NIM.  12485113
subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
description: Penerapan Metode Inquiry Bebas dengan Menggunakan Media Gambar  Guna Meningkatkan Kemampuan menulis Puisi Baru dalam Pembelajaran  Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif  Ngargogondo Borobudur Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran  2013/2014”. SKRIPSI, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan  UIN Sunan Kalijaga, 2014.  Dalam pembelajaran menulis puisi baru pada mata pelajaran Bahasa  Indonesia, di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Ngargogondo Borobudur dalam proses  pembelajaran belum memberikan siswa rangsangan yang bersifat riil dan guru  masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas sehingga berpengaruh pada  kreatifitas siswa dan kemampuan menulis puisi baru siswa. Mengatasi masalah  tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode  pembelajaran yang menuntut siswa aktif dan mandiri yaitu, pembelajaran yang  menerapkan metode inquiry bebas dengan media gambar. Tujuan dari penelitian  ini adalah: untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran melalui  penerapan metode inquiry bebas dengan media gambar untuk menulis puisi baru  bagi siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Ngargogondo Borobudur  Magelang Tahun pelajaran 2013/2014, dan mengatahui apakah ada peningkatan  kemampuan menulis puisi baru melalui penerapan metoide inquiry bebas dengan  media gambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas V di  Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Ngargogondo Borobudur Magelang Tahun pelajaran  2013/2014.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan  dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan,  observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi prestasi  belajar siswa yang diambil dari pemberian tugas menulis puisi baru pada akhir  siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya kemampuan  menulis puisi baru siswa, (2) adanya peningkatan kreatifitas siswa yaitu  meningkatnya kemampuan menulis puisi baru siswa yaitu 85% dari jumlah siswa  kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Ngargogondo Borobudur Magelang  mencapai nilai 80. Untuk memeriksa keabsahan data dipergunakan trianggulasi.  Hasil pengamatan pembelajaran dengan penerapan metode inquiry bebas  dengan media gambar dilaksanakan dengan membagikan siswa gambar yang  dapat digunakan dalam menulis puisi baru. Selagi siswa membacakan puisi yang  dibuatnya, guru membuat beberapa poin mengajar yang dirasa penting.  Kemampuan menulis puisi siswa pada siklus I telah mengalami peningkatan  dibandingkan pada saat pra siklus. Ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar  60%, yaitu pada pra siklus baru mencapai 40%, pada siklus I mencapai 73% dan  pada siklus II menjadi 100%.  
date: 2014-06-14
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13994/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13994/2/BAB%20II%2C%20III.pdf
identifier:   ALFIYATI , NIM. 12485113  (2014) PENERAPAN METODE INQUIRY BEBAS DENGAN MEDIA GAMBAR GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BARU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NGARGOGONDO BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014.  Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.