@phdthesis{digilib13999,
           month = {July},
           title = {UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I MELALUI METODE PERMAINAN DI MI TARBIYATUSSIBYAN 2
SALAMAN MAGELANG
},
          school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA},
          author = {NIM.  12415281 YUYUN USTADZAH  },
            year = {2014},
            note = {Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si.},
        keywords = {Permainan, peningkatan minat belajar},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13999/},
        abstract = {Upaya Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia
Siswa Kelas I Melalui Metode Permainan Di MI Tarbiyatussibyan 2 Salaman
Magelang? . Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014
Siswa kelas I MI Tarbiyatussibyan 2 beranggapan bahwa pembelajaran
Bahasa Indonesia kurang menyenangkan karena hanya membaca dan menulis.
Penelitian ini mengambil salah satu faktor penghambat pembelajaran yang
dilaksanakan dan digunakan dikelas, dengan tujuan untuk dapat memperbaiki
kwalitas pembelajaran dan meningkatkan minat belajar peserta didik.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan
metode permainan dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas I di MI
Tarbiyatussibyan 2 Salaman Magelang, (2) Apakah penerapan metode permainan
dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas I di MI Tarbiyatussibyan 2 Salaman
Magelang
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2
siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode permainan
dengan hasil sebagai berikut:
Pada pertemuan pra tindakan dari 19 siswa, anak yang memiliki minat
belajar bahasa indonesia adalah 35,98\% dan selebihnya masih kurang berminat
belajar bahasa indonesia.
Siklus I, pada pembelajaran season I dari 19 siswa, anak yang memiliki
minat belajar bahasa indonesia adalah 49,2\% siswa dan tingkat keberhasilannya
adalah 57,89\% siswa
Siklus II, pada pembelajaran season II dari 19 siswa, anak yang memiliki
minat belajar bahasa inndonesia adalah 75,97\% siswa dan tingkat keberhasilannya
adalah 78,94\% siswa.
Hasil penerapan metode permainan yang berkaitan dengan minat belajar
siswa dalam proses pembelajaran bahasa indonesia di MI Tarbiyatussibyan2 telah
dianggap tuntas dengan hasil 75,97\% siswa berkembang sesuai dengan harapan
dan tujuan pembelajaran.
}
}