%0 Thesis %9 Skripsi %A YUYUN USTADZAH , NIM. 12415281 %B PERPUSTAKAAN %D 2014 %F digilib:13999 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %K Permainan, peningkatan minat belajar %P 110 %T UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I MELALUI METODE PERMAINAN DI MI TARBIYATUSSIBYAN 2 SALAMAN MAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13999/ %X Upaya Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Melalui Metode Permainan Di MI Tarbiyatussibyan 2 Salaman Magelang” . Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014 Siswa kelas I MI Tarbiyatussibyan 2 beranggapan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia kurang menyenangkan karena hanya membaca dan menulis. Penelitian ini mengambil salah satu faktor penghambat pembelajaran yang dilaksanakan dan digunakan dikelas, dengan tujuan untuk dapat memperbaiki kwalitas pembelajaran dan meningkatkan minat belajar peserta didik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode permainan dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas I di MI Tarbiyatussibyan 2 Salaman Magelang, (2) Apakah penerapan metode permainan dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas I di MI Tarbiyatussibyan 2 Salaman Magelang Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode permainan dengan hasil sebagai berikut: Pada pertemuan pra tindakan dari 19 siswa, anak yang memiliki minat belajar bahasa indonesia adalah 35,98% dan selebihnya masih kurang berminat belajar bahasa indonesia. Siklus I, pada pembelajaran season I dari 19 siswa, anak yang memiliki minat belajar bahasa indonesia adalah 49,2% siswa dan tingkat keberhasilannya adalah 57,89% siswa Siklus II, pada pembelajaran season II dari 19 siswa, anak yang memiliki minat belajar bahasa inndonesia adalah 75,97% siswa dan tingkat keberhasilannya adalah 78,94% siswa. Hasil penerapan metode permainan yang berkaitan dengan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran bahasa indonesia di MI Tarbiyatussibyan2 telah dianggap tuntas dengan hasil 75,97% siswa berkembang sesuai dengan harapan dan tujuan pembelajaran. %Z Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si.