TY - THES N1 - Pembimbing : Dra. Hj. Nur Rohmah, M.Ag ID - digilib14007 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14007/ A1 - ASEP EKO WIBOWO , NIM. 12485102 Y1 - 2014/06/16/ N2 - Asep Eko Wibowo, ?Penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning Melalui Metode Quiz Team untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas IVA MIN Pajangan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.? Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS siswa kelas IVA MIN Pajangan Bantul yang ditandai dengan rendahnya nilai rata-rata ulangan harian siswa yang sebagian besar masih di bawah KKM (70). Hal ini disebabkan oleh monotonnya metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode ceramah. Metode ini kurang bisa mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Ditambah lagi materi pelajaran IPS yang banyak dan bersifat hafalan membuat siswa menjadi bosan dan kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa menjadi kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini mengakibatkan lemahnya pemahaman dan pengetahuan siswa terhadap materi pelajaran IPS, sehingga berdampak kepada prestasi belajar IPS yang rendah. Oleh karena itu masalah tersebut perlu diatasi, salah satunya dengan penerapan strategi pembelajaran Active Learning melalui metode Quiz Team. Penelitian dilakukan di MIN Pajangan Bantul, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IVA yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Active Learning melalui metode Quiz Team dalam meningkatkan prestasi belajar IPS siswa di kelas IVA MIN Pajangan Bantul, (2) Bagaimana prestasi belajar IPS setelah penerapan strategi pembelajaran Active Learning melalui metode Quiz Team di kelas IVA MIN Pajangan Bantul. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi pembelajaran Active Learning melalui metode Quiz Team dapat meningkatkan prestasi belajar IPS kelas IVA MIN Pajangan Bantul. Hal ini di tunjukkan dengan adanya peningkatan nilai prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Sebelumnya, pada tes pra tindakan rata-rata nilainya adalah 63,33 dengan persentase ketuntasannya adalah 20%. Pada siklus I rata-rata nilainya adalah 74,8 dengan persentase ketuntasannya 60%. Pada siklus II rata-rata nilainya adalah 87,53 dengan persentase ketuntasannya 100%. Jadi peningkatan nilai prestasi belajar IPS dari pra tindakan ke siklus I sebesar 11,47 dan persentase ketuntasannya 40%. Sedangkan siklus I ke siklus II peningkatannya sebesar 12,73 dan persentase ketuntasannya sebesar 40% PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci: Prestasi belajar KW - Active Learning KW - Quiz Team KW - IPS M1 - skripsi TI - PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING MELALUI METODE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IVA MIN PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA AV - restricted ER -