%0 Thesis %9 Skripsi %A WINARTI , NIM. 13485250 %B PERPUSTAKAAN %D 2014 %F digilib:14011 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %K Partisipasi dan perastasi belajar matematika melalui alat peraga %P 130 %T UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUASDAN KELILILING PERSEGI MELALUI ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS III MI YAPPI KALONGAN DENGOK PLAYEN GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14011/ %X Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Prestasi Belajar Matematika Materi Luas dan Keliling Persegi Melalui Alat Peraga Pada Siswa Kelas III MI YAPPI Kalongan Dengok Playen Gunungkidul Tahun Pelajaran 2013 / 2014”. Alat peraga pendidikan adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif. Penggunaan alat peraga yang berupa kertas berpetak untuk materi luas dan keliling persegi diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi siswa dalam mengikuti pelajaran matematika meningkat. Penelitian dalam skripsi ini dilakukan untuk mengkaji penggunaan alat peraga terhadap partisipasi dan prestasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran matematika materi luas dan keliling persegi dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan penggunaan alat peraga dikelas, bagaimana partisipasi dan prestasi belajar siswa kelas III MI YAPPI Kalongan melalui penggunaan alat peraga. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan datanya observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes hasil belajar. Teknik analisa datanya menggunakan statistik diskriptif yakni mengolah data yang berkaitan dengan menjumlah, merata-rata, mencari prosentase dan menyajikan data untuk mudah dibaca. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga di kelas III MI YAPPI Kalongan dalam proses pelaksanaannya tergolong sangat baik . Peningkatan partisipasi dan prestasi belajar mengalami peningkatan setelah menggunakan alat peraga ini berdasarkan pada hasil partisipasi dari siklus I dengan hasil presentase 65% meningkat menjadi 79%. Sedangkan prestasi belajar siswa kelas III MI YAPPI Kalongan juga meningkat. Hal ini terbukti dari hasil presentase yang diperoleh pada siklus II mencapai ketuntasan 100% sedangkan pada siklus I hanya 80%. %Z Pembimbing : Dra.Hj. Asnafiyah, M.pd