%0 Thesis %9 Skripsi %A DARYOTO , NIM. 12415283 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:14015 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %T PENERAPAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VA SDN SUMBERARUM 1 KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14015/ %X Daryoto, Penerapan Metode Everyone Is a Teacher Here dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas VA SDN Sumberarum 1 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Skripsi, Yogyakarta, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di kelas VA SD Negeri Sumberarum 1 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang, guru kurang dapat melibatkan keaktifan siswa, bahkan guru masih menjadi pusat kegatan belajar, sehingga berpengaruh pada keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode yang dapat membangkitkan keaktifan siswa, salah satunya adalah penerapan Metode Everyone Is a Teacher Here. Permaslahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah ; (1) bagaimana penerapan metode Everyone Is a Teacher Here dalam Pembelajaran pendidikan Agama Islam di kelas VA SD Negeri Sumberarum 1 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang , (2) bagaimana keaktifan siswa setelah penerapan metode Everyone Is a Teacher Here dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VA SD Negeri Sumberarum 1 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : penerapan metode Everyone Is a Teacher Here, dan keaktifan siswa yang diperoleh dari hasil pengamatan dan lembar observasi pada setiap siklus, serta wawancara dengan siswa dan observer. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan tingkat keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dari 64,28% pada siklus 1 menjadi 78,57% padasiklus 2. Dengan demikian, secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa keaktifan siswa mengalami kenaikan yang cukup berarti.Peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode Everyone Is a Teacher Here cukup baik. Keaktifan siswa terlihat dari perhatian siswa ketika mendengarkan penjelasan guru, melaksanakan tugas dan merespon pertanyaan yang dibacakan oleh relawan serta ketika teman lain memberikan jawaban terhadap pertanyaan relawan. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil observasi pada siklus I, keaktifan siswa baru mencapai 64,28 % dan pada siklus II keaktifan siswa mengalami peningkatan menjadi 78,57 %. Dengan demikian keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mencapai 14,29 %. Peningkatan keaktifan tersebut terjadi secara langsung dari kategori sedang dan akhirnya menjadi kategori tinggi. %Z Pembimbing : Drs. Rofik, M. Ag.