%0 Thesis
%9 Skripsi
%A AMIROTUL NGIZAH , NIM.  12485114
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2014
%F digilib:14021
%I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
%T PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN  KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK A  DI RA MUSLIMAT NU DEYANGAN 2  MERTOYUDAN MAGELANG    
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14021/
%X Amirotul Ngizah. Pemanfaatan Media Gambar untuk Mengembangkan  Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok A di RA Muslimat NU Deyangan 2  Mertoyudan Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru  Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam  Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.  Latar belakang masalah ini adalah kurangnya kemampuan berbahasa  Indonesia dalam pembelajaran bahasa yang mengakibatkan dalam berbahasa  mereka campur aduk antara bahasa daerah dengan bahasa Indonesia. padahal  dalam kegiatan belajar di RA menggunakan bahasa pengantar bahasa Indonesia.  Maka perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran  dengan memanfaatkan media pembelajaran yang dapat mengembangkan  kemampuan berbahasa dengan baik. Peneliti ini merupakan Penelitian Tindakan  Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan pemanfaatan media gambar  dalam pembelajaran bahasa dan mengembangkan kemampuan berbahasa anak  pada Kelompok A di RA Muslimat NU Deyangan 2.  Peneliti ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang RA  Muslimat NU Deyangan 2 pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan  pengamatan membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi yang atau  observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan untuk melengkapi data  yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana  untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa  keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tehnik trianggulasi sumber.  Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan,  (3) Observasi, dan (4) Refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemanfaatan media gambar dalam  pembelajaran bahasa di Kelompok A RA Muslimat NU Deyangan 2 di laksanakan  dalam 2 siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar.  Sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan refleksi disetiap  siklusnya. Terjadi perubahan dalam berbahasa peserta didik secara bertahap dalam  mengikuti pembelajaran, (2) Pengembangan berbahasa peserta didik dalam  pembelajaran bahasa dengan media gambar sudah meningkat. Pengembangan  berbahasa peserta didik terlihat siswa sudah bagus dalam berbahasa selama  pembelajaran. Berani bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru dengan bahasa  yang bagus. Pengembangan peserta didik dilihat dari hasil observasi awal sebesar,  35,52%. Pada siklus I pengembangan berbahasa peserta didik meningkat menjadi,  47,36%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi, 79,60%. Peningkatan motivasi  tersebut terjadi secara bertahap dari kategori sedang akhirnya m