TY  - THES
ID  - digilib14021
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14021/
A1  - AMIROTUL NGIZAH , NIM.  12485114
Y1  - 2014/06/25/
N2  - Amirotul Ngizah. Pemanfaatan Media Gambar untuk Mengembangkan
Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok A di RA Muslimat NU Deyangan 2
Mertoyudan Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam
Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.
Latar belakang masalah ini adalah kurangnya kemampuan berbahasa
Indonesia dalam pembelajaran bahasa yang mengakibatkan dalam berbahasa
mereka campur aduk antara bahasa daerah dengan bahasa Indonesia. padahal
dalam kegiatan belajar di RA menggunakan bahasa pengantar bahasa Indonesia.
Maka perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran
dengan memanfaatkan media pembelajaran yang dapat mengembangkan
kemampuan berbahasa dengan baik. Peneliti ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan pemanfaatan media gambar
dalam pembelajaran bahasa dan mengembangkan kemampuan berbahasa anak
pada Kelompok A di RA Muslimat NU Deyangan 2.
Peneliti ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang RA
Muslimat NU Deyangan 2 pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
pengamatan membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi yang atau
observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan untuk melengkapi data
yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana
untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa
keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tehnik trianggulasi sumber.
Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan,
(3) Observasi, dan (4) Refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemanfaatan media gambar dalam
pembelajaran bahasa di Kelompok A RA Muslimat NU Deyangan 2 di laksanakan
dalam 2 siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar.
Sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan refleksi disetiap
siklusnya. Terjadi perubahan dalam berbahasa peserta didik secara bertahap dalam
mengikuti pembelajaran, (2) Pengembangan berbahasa peserta didik dalam
pembelajaran bahasa dengan media gambar sudah meningkat. Pengembangan
berbahasa peserta didik terlihat siswa sudah bagus dalam berbahasa selama
pembelajaran. Berani bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru dengan bahasa
yang bagus. Pengembangan peserta didik dilihat dari hasil observasi awal sebesar,
35,52%. Pada siklus I pengembangan berbahasa peserta didik meningkat menjadi,
47,36%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi, 79,60%. Peningkatan motivasi
tersebut terjadi secara bertahap dari kategori sedang akhirnya m


PB  - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
M1  - skripsi
TI  - PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN
KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK A
DI RA MUSLIMAT NU DEYANGAN 2
MERTOYUDAN MAGELANG


AV  - restricted
ER  -