eprintid: 14029 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/40/29 datestamp: 2014-09-30 01:29:04 lastmod: 2017-02-28 03:08:03 status_changed: 2014-09-30 01:29:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PUJIWIDODO, NIM. 12485181 title: UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 1 SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Meningkatkan prestasi belajar dengan menggunakan methode Demonstrasi. note: Pembimbing : Dr. Istiningsih, M.Pd. abstract: Puji Widodo. “Upaya meningkatan Prestasi belajar IPA dengan Metode Demonstrasi siswa kelas IV Materi Gaya Dapat Merubah Suatu Benda di MI Muhammadiyah Kradenan 1 Kradenan Srumbung Magelang “ Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Demonstrasi pada siswa Kelas IV di di MI Muhammadiyah Kradenan 1 Kradenan Srumbung Magelang untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan penguasaan materi IPA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kradenan 1 Kradenan Srumbung Magelang. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, tes tertulis individual pada akhir pembelajaran, dan melihat dokumentasi nilai mata pelajaran IPA, sebelum penerapan metode Demonstrasi data yang diperoleh dari dokumentasi nilai mata pelajaran IPA sebelum penerapan metode Demonstrasi dan nilai rata-rata tes tertulis akhir pembelajaran tiap-tiap siklus dengan penerapan metode Demonstrasi dianalisis menggunakan kualitatif deskriptif. Penggunaan metode Demonstrasi terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penggunaan metode Demonstrasi dalam pembelajaran mendorong minat dan perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, dan bagi guru akan lebih mudah dalam mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan pra siklus yang menggunakan metode ceramah,tenya jawab ketuntasan belajarnya belum begitu baik yaitu baru 25 % yang mendapat nilai diatas kreteria ketuntasan minimal, sedangkan yang mendapatkan nilai di bawah kreteria ketuntasan minimal sebesar 75 %. Sedangkan pada siklus I dan II dengan menggunakan metode Demonstrasi, menunjukkan peningkatan secara signifikan yaitu pada siklus I mencapai 66,67 untuk efektivitas , dengan nilai rata-rata kelas hasil evaluasi sebesar 5,93. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,75, dengan nilai rata-rata kelas 8,125.. peningkatan nilai rata-rata siswa dari nilai pre-tes sampai dengan siklus II adalah 62,27 %. date: 2014-07-02 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: PUJIWIDODO, NIM. 12485181 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 1 SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14029/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14029/1/BAB%20II%2C%20III.pdf