%0 Thesis %9 Skripsi %A SITI KHOLIFAH , NIM. 12485247 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:14032 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci : Prestasi Belajar, Media Gambar %T MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 1 MI IMAM PURO DADIREJO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14032/ %X SITI KHOLIFAH.Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Media gambar Pada Peserta Didik Kelas 1 MI Imam Puro Dadirejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi.Yogyakarta : Program Studi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa kelas I semester II MI Imam Puro Dadirejo Bagelen Purworejo ini masih banyak siswa yang belum menguasai materi pelajaran IPA, karena pelajaran ini sulit untuk dipelajari. Hal ini terlihat hasil belajar yang diperoleh siswa masih di bawah rata-rata yang ditetapkan oleh guru kelas 1 sebesar 60. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan setrategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar serta minat atau keaktifan siswa kelas 1 setelah penerapan media gambar tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Imam Puro Dadirejo Bagelen Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara,dokumentasi,Sedangkan untuk memerika keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, penggunaan media gambar: pada mata pelajaran IPA di kelas 1 dilakukan dua siklus, siklus 1 dan siklus II. Siklus I siswa masih sulit dikondisikan, terlihat dari kurangnya perhatian siswa saat mendengarkan ceramah, siswa belum percaya diri ketika mengerjakan tugas dan hasil belajar kurang memuaskan. Namun pada siklus II siswa sudah mulai membaik. Pada siklus II, meskipun dalam pembelajaran siklus I tentunya masih banyak kekurangan. Apabila dilihat dari keseluruhan penelitian ini sudah berjalan mengikuti langkah- langkah yang sudah direncanakan. Kedua, Hasil belajar siswa kelas I pada mata pelajaran IPA setelah diterapkan media gambar mengalami peningkatan. Hasil belajar pada pembelajaran sebelum menggunakan media gambar sebesar 56,6, masih di bawah KKM 60. Pada siklus 1 hasil belajar siswa sebesar 61. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 64,4. %Z Pembimbing : Dr. Sabarudin, M.Si