@phdthesis{digilib14033, month = {June}, title = { PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI MI MUHAMMADIYAH BUTUH MUNGKID MAGELANG }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 12485137 FAHRUDIN AHMAD MUTTAQIN }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Istiningsih, M.Pd}, keywords = {Kata kunci pembelajaran IPA SD/MI,lnkuiri,Partisipasi,Prestasi. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14033/}, abstract = {Fahrudin Ahmad Muttaqin ?Penerapan metode lnquiry untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas VI di MI Muhammadiyah Butuh, Mungkid, Magelang?. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2014. Dalam pembelajaran IPA, siswa harus dilibatkan secara mental , fisik, dan sosial untuk membuktikan teori IPA yang telah dipelajari. Jika hal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap penguasaan konsep IPA dan akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Di MI Muhammadiyah Butuh dalam proses pembelajaran belum melibatkan siswa,dan guru masih menjadi pusat perhatian kegiatan belajar di kelas,sehingga berpengaruh pada partisipasi dan prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif, berani mengemukakan pendapat dan mencoba,salah satunya adalah metode Inquiry. Permasalahannya yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana penerapan metode Inquiry pada pembelajaran IPA di kelas VI MI Muhammadiyah Butuh. 2. Bagaimana upaya meningkatkan partisipasi siswa kelas VI MI Muhammadiyah Butuh Senden Mungkid dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode lnkuiri. 3. Bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VI MI Muhammadiyah Butuh dengan menggunakan metode pembelajaran lnkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan , tindakan, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : partisipasi siswa yang diambil dari hasil pengisian lembar kerja siswa yang diberikan setiap awal siklus, aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dari lembar observasi, catatan lapangan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: 1. Adanya peningkatan partisipasi siswa. 2. Adanya peningkatan prestasi belajar IPA,yaitu meningkatnya prestasi siswa di atas KKM yang mencapai dari jumlah siswa kelas VI MI Muhammadiyah Butuh Senden Mungkid. Hasil pengamatan pembelajaran dengan metode pembelajaran lnkuiri dengan enam tahapan pembagian kelompok, pembagian materi dan mengajukan permasalahan, diskusi kelompok, pemberian kesimpulan, pemberian penghargaan hasil penelitian pada siklus I menunjukan presentase partisipasi siswa sebesar 57 \% dengan kategori sedang, pada siklus II sebesar 78 \% dengan kategori baik. Sedangkan hasil rata-rata kelas siklus I sebesar 64,125\% dan presentase ketuntasan belajar sebesar 50 \%, hasil rata-rata kelas siklus II sebesar 84 dan presentase ketuntasan belajar sebesar 87,5\%. } }