eprintid: 14034 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/40/34 datestamp: 2014-10-01 02:26:27 lastmod: 2014-10-01 02:26:27 status_changed: 2014-10-01 02:26:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: WARTINI , NIM. 12415339 title: UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJA’IYAH PADA KELOMPOK A SEMESTER II TAHUN 2013/ 2014 DI TK ‘AISYIYAH MULYODADI III BEKANG MULYODADI BAMBANGLIPURO BANTUL MELALUI MEDIA WORD CARDS ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Pembelajaran Huruf Hija’iyah, Word Cards, Kemampuan Membaca note: Pembimbing : Drs. Radino,M.Ag. abstract: WARTINI, “Upaya peningkatan kemampuan membaca huruf hija’iyah melalui media Word Cards kelompok A, TK ‘Aisyiyah Mulyodadi III Bekang Mulyodadi Bambanglipuro Bantul pada Semester II Tahun 2013/2014” Yogyakarta:jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Dalam pembelajaran membaca huruf hija’iyah siswa harus dilibatkan secara metode fisik dan sosial untuk membuktikan bahwa keterlibatan anak secara aktif akan berpengaruh pada keberhasilan pembelajaran membaca huruf hijaiyah dan akan mempengaruhi prestasi belajar siswa yang akan datang. Di TK ‘Aisyiyah Mulyodadi III Bekang dalam proses pembelajaran membaca huruf hija’iyah belum melibatkan siswa, guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas sehingga berpengaruh pada partisipasi dan prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif, berani mengemukakan pendapat dan mencoba. Salah satunya adalah melalui media word card. Jenis penelitian ini adalah, Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: prestasi belajar siswa yang diambil dari memberikan soal tes lisan pada akhir siklus, aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dan dokumentasi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan model pembelajaran menggunakan media word cards pada pembelajaran membaca huruf hija’iyah di kelompok A TK ‘Aisyiyah Mulyodadi III Bekang Mulyodadi Bambanglipuro Bantul; 2) bagaimana upaya peningkatan partisipasi siswa kelpmok A TK Aisyiyah Mulyodadi III Bekang Mulyodadi Bambanglipuro Bantul dengan menggunakan media word cards. Hasil penelitian menunjukan bahwa media word cards dapat lebih aktif digunakan pada pembelajaran huruf Hija’iyah khususnya kelompok A TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Mulyodadi III Bekang. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan kemapuan membaca pada anak, terlihat senang, perhatian, ketertarikan, antusias, mandiri, mendengarkan pendapat orang lain, berani bertanya, semangat dalam mengerjakan tugas. Pada aspek kemampuan membaca sebelum digunakan metode pembelajaran dengan menggunakan kartu huruf hija’iyah kemampuan membaca huruf hija’iyah anak sebesar 1,353. Kemudian setelah digunakan media kartu huruf pada siklus I sebesar 1,824, dan pada siklus II sebesar 2,471. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca huruf hija’iyah anak dalam proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran kartu huruf hija’iyah mengalami peningkatan. Dengan demikian, pada aspek kemampuan membaca mengalami peningkatan. date: 2014-06-12 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: WARTINI , NIM. 12415339 (2014) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJA’IYAH PADA KELOMPOK A SEMESTER II TAHUN 2013/ 2014 DI TK ‘AISYIYAH MULYODADI III BEKANG MULYODADI BAMBANGLIPURO BANTUL MELALUI MEDIA WORD CARDS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/4/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/5/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/6/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/7/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/8/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/9/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/10/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/11/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/14/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/15/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/16/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/17/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/18/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/19/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/20/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14034/21/small.jpg