%0 Thesis
%9 Skripsi
%A WANTORO , NIM.  12485089
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2014
%F digilib:14035
%I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
%K Kata kunci : Pembelajaran IPA, Metode Demonstrasi , Prestasi Belajar, Keaktifan      
%T UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN  SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE  DEMONSTRASI DI KELAS VB MIN KEBONAGUNG  IMOGIRI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014    
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14035/
%X WANTORO, “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keaktifan Siswa Dalam  Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi di Kelas VB MIN Kebonagung Imogiri  Bantul Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan  Keguruan UIN Sunan Kalijaga , 2014.  Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan  pembelajaran dengan menerapkan metode demonstrasi yang dapat meningkatkan hasil  belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VB MIN Kebonagung  Imogiri Bantul Yogyakarta. Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya  prestasi siswa serta kurangnya keterlibatan siwa dalam pembelajaran IPA , karena  keaktifan siswa akan membantu siswa dalam penguasaan materi yang akhirnya akan  mempengaruhi prestasi belajar siswa. Karena itu perlu diadakan penelitian untuk  memperbaiki kwalitas pembelajaran dengan menerapkan metode yang dapat  meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa.  Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara  kolaboratif antara peneliti dengan guru, dan subyek penelitianya adalah siswa kelas VB  MIN Kebonagung Imogiri Bantul yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data dilakukan  dengan cara observasi, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan  menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan  menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terinci. Urutan  kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4)  refleksi  Hasil penelitian menunjukkan : 1) Penerapan metode demonstrasi dalam  pembelajaran IPA untuk meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan siswa kelas VB MIN  Kebonagung Imogiri dilaksanakan dalam tiga siklus dan dapat terlaksana dengan baik serta  dapat meningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa Hal ini ditunjukkan dengan adanya  peningkatan ketuntasan belajar dengan persentase pada pra tindakan sebesar 50%, siklus I  sebesar 50% , siklus II sebesar 66,67% dan siklus III sebesar 88,89% . Peningkatan nilai  rata-rata hasil tes pada pra tindakan sebesar 71,00, siklus I sebesar 73,00, siklus II sebesar  80,56 dan pada siklus III sebesar 82,22. Peningkatan keaktifan siswa dari hasil angket pra  tindakan sebesar 49,49%, siklus I sebesar 51,77%, siklus II sebesar 59,97% dan pada siklus  III sebesar 67,68%. Peningkatan keaktifan siswa dari hasil observasi awal/ pra tindakan  sebesar 69,08%, siklus I sebesar 72,25%, siklus II sebesar 80,42% dan pada siklus III  sebesar 89,75%. Dengan demikian setiap siklus mengalami peningkatan pada hasil belajar  maupun keaktifan siswanya.    
%Z Pembimbing :  Dra. Hj. Nur Rohmah,M.Ag.