TY  - THES
N1  - Pembimbing :  Dra. Hj. Nur Rohmah,M.Ag.

ID  - digilib14035
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14035/
A1  - WANTORO , NIM.  12485089
Y1  - 2014/06/20/
N2  - WANTORO, ?Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keaktifan Siswa Dalam
Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi di Kelas VB MIN Kebonagung Imogiri
Bantul Tahun Pelajaran 2013/2014?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga , 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan
pembelajaran dengan menerapkan metode demonstrasi yang dapat meningkatkan hasil
belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VB MIN Kebonagung
Imogiri Bantul Yogyakarta. Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya
prestasi siswa serta kurangnya keterlibatan siwa dalam pembelajaran IPA , karena
keaktifan siswa akan membantu siswa dalam penguasaan materi yang akhirnya akan
mempengaruhi prestasi belajar siswa. Karena itu perlu diadakan penelitian untuk
memperbaiki kwalitas pembelajaran dengan menerapkan metode yang dapat
meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara
kolaboratif antara peneliti dengan guru, dan subyek penelitianya adalah siswa kelas VB
MIN Kebonagung Imogiri Bantul yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data dilakukan
dengan cara observasi, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan
menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terinci. Urutan
kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4)
refleksi
Hasil penelitian menunjukkan : 1) Penerapan metode demonstrasi dalam
pembelajaran IPA untuk meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan siswa kelas VB MIN
Kebonagung Imogiri dilaksanakan dalam tiga siklus dan dapat terlaksana dengan baik serta
dapat meningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa Hal ini ditunjukkan dengan adanya
peningkatan ketuntasan belajar dengan persentase pada pra tindakan sebesar 50%, siklus I
sebesar 50% , siklus II sebesar 66,67% dan siklus III sebesar 88,89% . Peningkatan nilai
rata-rata hasil tes pada pra tindakan sebesar 71,00, siklus I sebesar 73,00, siklus II sebesar
80,56 dan pada siklus III sebesar 82,22. Peningkatan keaktifan siswa dari hasil angket pra
tindakan sebesar 49,49%, siklus I sebesar 51,77%, siklus II sebesar 59,97% dan pada siklus
III sebesar 67,68%. Peningkatan keaktifan siswa dari hasil observasi awal/ pra tindakan
sebesar 69,08%, siklus I sebesar 72,25%, siklus II sebesar 80,42% dan pada siklus III
sebesar 89,75%. Dengan demikian setiap siklus mengalami peningkatan pada hasil belajar
maupun keaktifan siswanya.


PB  - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
KW  - Kata kunci : Pembelajaran IPA
KW  -  Metode Demonstrasi 
KW  -  Prestasi Belajar
KW  -  Keaktifan



M1  - skripsi
TI  - UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN
SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE
DEMONSTRASI DI KELAS VB MIN KEBONAGUNG
IMOGIRI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014


AV  - restricted
ER  -