@phdthesis{digilib14045, month = {July}, title = {PENERAPAN METODE GUIDED NOTE-TAKING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS IV MI AL-HUDA KALISARI KEC TEMPURAN KAB MAGELANG }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = { NIM. 13485310 TRI BUDININGSIH }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Siti Fatonah,M.Pd.}, keywords = {Pembelajaran PKn, Prestasi Belajar, dan Metode Guided Note- Taking}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14045/}, abstract = {Penerapan Metode Guided Note-Taking Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV MI Al- Huda Kalisari Kec Tempuran Kab Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Tujuan diadakan penelitian adalah untuk meningkatkan Prestasi Belajar PKn dengan menggunakan metode Guided Note-Taking Pada siswa kelas IV MI Al-Huda Kalisari Tempuran Magelang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: 1) Nilai siswa mencapai KKM (60), 2) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dianggap berhasil jika 70 \% siswa telah memenuhi nilai KKM. Yaitu 10 siswa dari jumlah keseluruhan yaitu 14 siswa telah mencapai batas nilai KKM yaitu 60 Hasil penelitian menunjukkan metode guided note-taking efektif digunakan pada pembelajaran PKnkhususnya siswa kelas IV di MI Al-Huda Kalisari Kec Tempuran Kab Magelang. Setelah dilaksanakan tindakan terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang cukup signifikan. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dan dibandingkan pada hasil observasi pra tindakan menunjukkan hanya 28,57\% dari jumlah siswa yang dapat memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Padasiklus I rata-rata kelas sebesar 67,5 dan prosentase ketuntasan belajar sebesar 57,14\%. Setelah diadakan observasi, refleksi, dan perbaikan-perbaikan pada siklus I, prestasi belajar siswa pada siklus II meningkat dengan rata-rata kelas sebesar 84,64 dan prosentase ketuntasan belajar sebesar 100\% dari jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM yang telah ditentukan. } }