relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14045/
title: PENERAPAN METODE GUIDED NOTE-TAKING DALAM  MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS IV MI AL-HUDA KALISARI KEC TEMPURAN  KAB MAGELANG    
creator: TRI BUDININGSIH ,  NIM.  13485310
subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
description: Penerapan Metode Guided Note-Taking Dalam  Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV MI Al-  Huda Kalisari Kec Tempuran Kab Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi.  Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014.  Tujuan diadakan penelitian adalah untuk meningkatkan Prestasi Belajar  PKn dengan menggunakan metode Guided Note-Taking Pada siswa kelas IV MI  Al-Huda Kalisari Tempuran Magelang.  Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam  2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan,  observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: prestasi  belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas  guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi,  hasil wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan untuk mencatat  keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator  keberhasilan dalam penelitian ini adalah: 1) Nilai siswa mencapai KKM (60), 2)  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dianggap berhasil jika 70 % siswa telah  memenuhi nilai KKM. Yaitu 10 siswa dari jumlah keseluruhan yaitu 14 siswa  telah mencapai batas nilai KKM yaitu 60  Hasil penelitian menunjukkan metode guided note-taking efektif  digunakan pada pembelajaran PKnkhususnya siswa kelas IV di MI Al-Huda  Kalisari Kec Tempuran Kab Magelang. Setelah dilaksanakan tindakan terbukti  dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang cukup signifikan.  Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dan dibandingkan pada hasil observasi  pra tindakan menunjukkan hanya 28,57% dari jumlah siswa yang dapat memenuhi  standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Padasiklus I rata-rata kelas sebesar  67,5 dan prosentase ketuntasan belajar sebesar 57,14%. Setelah diadakan  observasi, refleksi, dan perbaikan-perbaikan pada siklus I, prestasi belajar siswa  pada siklus II meningkat dengan rata-rata kelas sebesar 84,64 dan prosentase  ketuntasan belajar sebesar 100% dari jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM  yang telah ditentukan.    
date: 2014-07-21
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14045/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14045/2/BAB%20II%2C%20III.pdf
identifier:   TRI BUDININGSIH , NIM. 13485310  (2014) PENERAPAN METODE GUIDED NOTE-TAKING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS IV MI AL-HUDA KALISARI KEC TEMPURAN KAB MAGELANG.  Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.