%A  NIM.  13485310 TRI BUDININGSIH 
%O Pembimbing : Dr. Siti Fatonah,M.Pd.
%T PENERAPAN METODE GUIDED NOTE-TAKING DALAM  MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS IV MI AL-HUDA KALISARI KEC TEMPURAN  KAB MAGELANG


%X Penerapan Metode Guided Note-Taking Dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV MI Al-
Huda Kalisari Kec Tempuran Kab Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi.
Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014.
Tujuan diadakan penelitian adalah untuk meningkatkan Prestasi Belajar
PKn dengan menggunakan metode Guided Note-Taking Pada siswa kelas IV MI
Al-Huda Kalisari Tempuran Magelang.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam
2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: prestasi
belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas
guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi,
hasil wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan untuk mencatat
keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator
keberhasilan dalam penelitian ini adalah: 1) Nilai siswa mencapai KKM (60), 2)
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dianggap berhasil jika 70 % siswa telah
memenuhi nilai KKM. Yaitu 10 siswa dari jumlah keseluruhan yaitu 14 siswa
telah mencapai batas nilai KKM yaitu 60
Hasil penelitian menunjukkan metode guided note-taking efektif
digunakan pada pembelajaran PKnkhususnya siswa kelas IV di MI Al-Huda
Kalisari Kec Tempuran Kab Magelang. Setelah dilaksanakan tindakan terbukti
dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang cukup signifikan.
Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dan dibandingkan pada hasil observasi
pra tindakan menunjukkan hanya 28,57% dari jumlah siswa yang dapat memenuhi
standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Padasiklus I rata-rata kelas sebesar
67,5 dan prosentase ketuntasan belajar sebesar 57,14%. Setelah diadakan
observasi, refleksi, dan perbaikan-perbaikan pada siklus I, prestasi belajar siswa
pada siklus II meningkat dengan rata-rata kelas sebesar 84,64 dan prosentase
ketuntasan belajar sebesar 100% dari jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM
yang telah ditentukan.


%K Pembelajaran PKn, Prestasi Belajar, dan Metode Guided Note-
Taking
%D 2014
%I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
%L digilib14045